Minggu, 18 Maret 2012

Sertifikasi Guru 2012: Skor Tertinggi UKA Guru SLB Diraih Jawa Barat

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh menilai guru sekolah luar biasa (SLB) di Jawa Barat memiliki prestasi luar biasa. Hal ini merujuk pada nilai tertinggi yang diraih guru SLB Jawa Barat dalam Ujian Kompetensi Awal (UKA) 2012.

"Guru-guru SLB dari Jabar berkualitas baik, terbukti dengan nilai rata-rata hasil UKA 2012 yakni sebesar 65,78," katanya dalam jumpa pers pemaparan hasil UKA di Kantor Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta, Jumat.

Nilai tersebut, menurut Menteri, cukup jauh dari rata-rata nasional yaitu 49,07. Setelah Jabar, nilai guru SLB lainnya oleh Nusa Tenggara Barat yakni 48,39 dan Bangka Belitung yakni 47,35 persen. Untuk nilai terendah diperoleh Aceh dengan 23,38 persen.

"Semakin tinggi tingkat pendidikan guru SLB, maka kualitasnya cenderung naik," katanya.

Urutan 10 peserta dengan nilai UKA dari yang tertinggi; Isma Mulyani dari SLB BC YGP BL Limbangan, Kabupaten Garut, Jabar dengan nilai 95; Sepdi Juandi dari SLB Al-Ghifari, Kabupaten Garut, Jabar dengan nilai 94; dan Ade Mulyana dari SLB BC YGP BL Limbangan, Kabupaten Garut, Jabar dengan nilai 94.

Selanjutnya, Rudi Senjaya dari SLB BC YGP BL Limbangan, Kabupaten Garut, Jabar dengan nilai 94; Nina Sumarlina, dari SLB C YKB Kabupaten Garut, Jabar dengan nilai 94; Yadi Hartono Setia Putra dari SLB YPK Cijulang, Kabupaten Ciamis, Jabar dengan nilai 94; dan Rahmawati Sadiah dari SLB N B Garut, Kabupaten Garut, Jabar dengan nilai 93.

Selain itu, Dirman Sudirman, dari SLB Muhammadiyah Bayongbong, Kabupaten Garut, Jabar dengan nilai 93; Agus Haerul Jamaludin dari SLB Aisyiyah, Kabupaten Tasikmalaya, Jabar dengan nilai 93; dan Ecin Kuraesin dari SLB Sindangsari Cikoneng Kabupaten Ciamis Jabar, dengan nilai 93.

Ia menambahkan pihaknya akan memberi penghargaan kepada para guru dengan nilai UKA terbaik agar mereka termotivasi.

UKA 2012 diikuti oleh 285.884 peserta dari berbagai tingkatan guru dari 33 provinsi di seluruh Indonesia. Tujuan UKA 2012 adalah untuk meningkatkan dan memastikan kesiapan guru dalam mengikuti pendidikan dan latihan profesi guru (PLPG). (sumber: Republika.co.id)

Tidak ada komentar: