Selasa, 06 Maret 2012

Inovasi Pembelajaran: Guru Inovatif perlu Pengayaan Lewat Nonton Film

Guru inovatif dicirikan oleh kepeduliannya dalam pengayaan pengalaman dari waktu ke waktu. Pengalaman itu salah satunya dapat diperoleh dari menonton film pembelajaran. Setelah menonton, guru inovatif harus dapat memetik maknanya dan mencoba untuk menerapkan di kelas dengan penuh tanggung jawab. Itulah guru inovatif.

Banyak film Indonesia maupun luar negeri yang berdimensi pendidikan. Isi film itu tentu dapat memberikan inspirasi guru inovatif untuk mengemasnya kembali ke dalam perilaku pembelajaran terhadap siswanya. Contohnya, untuk membangun kelompok siswa yang dinamis, guru dapat melihat film Laskar Pelangi, Negeri 5 Menara, Lima Elang, dan sebagainya. Untuk mengembangkan nilai karakter diri dalam menggapai cita-cita, guru dapat menonton film Negeri di atas Awan, Serdadu Kumbang, Sang Pemimpi, Lima Elang, dan lainnya.

Film memberikan pencerahan yang mengasyikkan. Guru dapat menghibur diri selain memetik makna dalam film. Tentunya, kepala sekolah perlu mendorong guru agar rutin mengolah pembelajaran guru melalui film. Apalagi, masa kini, film mudah dicari. Jadi, bagi guru, menonton film bukan tindakan yang memberatkan. Hanya saja, banyak guru yang malas menonton.

Tidak ada komentar: