Selasa, 06 Maret 2012

Raimuna Nasional 2012: Kwarda dan Kwarcab Se-Indonesia Wajib Kirimkan Peserta demi Kebhinekaan

Inilah kesempatan emas untuk mengenalkan kebhinekaan dan penguatan nasionalisme bagi generasi muda melalui pengiriman peserta didik penegak dan pandega ke Raimuna Nasional 2012, 25 juni s.d. 1 Juli di Jayapura. Dengan begitu, kapasitasi peserta tentang Indonesia yang sebenarnya akan mantap. Daripada peserta didik hanya diceramahi tentang keindonesiaan, momen nasional di Papua ini merupakan sarana yang tepat bagi pembelajaran langsung.

Untuk itu, sangat pas jika semua kakwarda dan kakwarcab bahu membahu untuk memberikan pengalaman langsung kepada penegak dan pandeganya. Selama ini, jarang kegiatan kepramukaan berada di lokasi perbatasan dan di Papua. Dengan daya upaya yang ada, tentu, para petinggi Gerakan Pramuka se-Indonesia menyukseskan raimuna nasional yang dilaksanakan 5 tahun sekali ini.

Motivasi penegak dan pandega sangat tinggi. Hanya saja, motivasi itu perlu didorong oleh orang dewasa. Kelak, mereka akan lebih mengenal kebhinekaan bangsa Indonesia secara nyata. Kalau hanya alasan dana, lalu tidak mengirimkan, tampaknya hanya alasan yang tidak berdasar jika dibandingkan dengan manfaatnya.

Seetiap even nasional, Papua tidak pernah ketinggalan ikut serta. Saat ini, kesempatan yang baik untuk bergantian mengikuti kegiatan di Tanah Papua.

Tidak ada komentar: