Kamis, 08 Maret 2012

Pusat Pendidikan Anak Autis Dikembangkan di 5 Lokasi

Untuk mewujudkan pendidikan untuk semua dan pendidikan Humanis, pemerintah membangun pusat pendidikan anak autis di berbagai tempat. Kompas.com melaporkan bahwa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tengah membangun lima pusat pendidikan autis bagi penyandang yang berasal dari keluarga kurang mampu secara ekonomi. Direktur Jenderal Pendidikan Dasar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Suyanto mengatakan, pusat pendidikan autis dibangun di Jakarta, Surabaya, Makassar, Medan, dan Riau. Tujuannya untuk memberikan penanganan lebih baik bagi penderita terutama dari keluarga kurang mampu ekonominya, yang selama ini kesulitan menangani anak mereka.

Pusat pendidikan autis di Indonesia selama ini dikelola swasta. Hal ini menyebabkan sebagian masyarakat mengalami kesulitan untuk menjangkaunya karena kendala biaya. Oleh karena itu, pemerintah pusat bekerja sama dengan pemerintah provinsi komitmen membangun pusat pendidikan autis.

Untuk penyelenggaraan pendidikan bagi anak-anak berkebutuhan khusus tersebut, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan akan bekerja sama dengan fakultas kedokteran di kota setempat, para psikolog, serta para tenaga pendidik. Selain pusat pendidikan autis, pemerintah juga akan membangun sekolah bagi anak berkebutuhan khusus lain di seluruh provinsi di Indonesia yang jumlahnya masih sangat minim saat ini.

"Anak-anak berkebutuhan khusus juga harus mendapatkan penanganan secara baik seperti anak lainnya, salah satunya dengan pendirian sekolah bagi mereka," ujar Suyanto. (sumber: Kompas.com)

Tidak ada komentar: