Rabu, 21 Maret 2012

Cara Jitu Cemerlangkan Pikiran Anak

Guru sebaiknya paham bahwa kecemerlangan anak dapat dikawal dan direkayasa menjadi hebat. Kesulitan berkonsentrasi dapat terjadi pada siapa pun, termasuk anak-anak. Saat belajar, misalnya, ada saja yang dilakukan si anak. Tak jarang orang tua gemas melihatnya. Berikut ini beberapa hal yang dapat membantu orang tua mengarahkan anak agar lebih berkonsentrasi.

1. Membuat kesepakatan dan aturan yang jelas antara orang tua dan anak. Kedua pihak harus konsisten melakukan kesepakatan tersebut. Misalnya berapa jam waktu belajar, berapa jam mendengarkan guru, dan sebagainya.

2. Membuat tanda dengan alat-alat tertentu. Tujuannya agar anak tahu sampai ke mana dia telah mengerjakan suatu tugas. Misalnya, orang tua menggunakan bel atau stopwatch untuk memberi peringatan.

3. Membagi waktu belajar menjadi beberapa kali dalam sehari. Tak perlu terlalu lama, minimal anak dapat menyerap ilmu walau sedikit.

4. Batasi halaman atau referensi yang telah diberikan sehingga anak tahu bagian mana yang sudah ia pelajari.

5. Sebaiknya menggunakan simulasi tertentu seperti di sekolah. Tujuannya agar orang tua dapat menilai sejauh mana anak berkonsentrasi pada tugas dan kegiatan belajarnya.

6. Berikan nutrisi yang cukup sesuai dengan tingkatan usianya. Biasakan anak memiliki waktu tidur yang cukup pula, tidak kurang, tidak pula berlebih.
Sumber: Tempo.co

Tidak ada komentar: