Kamis, 01 Maret 2012

Raimuna Nasional 2012: Nikmati Sensasi Pantai Tablanusu

Pantai indah dan memesona ini terletak dekat kantor Gubernur Papua. Dari Buper Waena cukup dengan naik mikrolet dengan bayar Rp3000,00. Sungguh, pantai ini sangat sensasional di banding pantai yang pernah Anda lihat.

Pantai dengan hamparan kerikil halus  sangat memuaskan bagi yang menyukai wisata alam, Depapre menawarkan alam yang masih hijau dengan perbukitan berumput luas. Mendekati Kampung Wisata Tablanusu, wisatawan disambut jalan yang membelah perbukitan di pinggir pantai. Dari ketinggian bukit tersebut, terlihat pemandangan Teluk Tanah Merah yang biru dan tenang serta gundukan-gundukan pulau kecil.

Pantai di Kampung Tablanusu tergolong unik. Berbeda dari pantai-pantai lain yang biasanya berpasir, pantai di Tablanusu tertutup kerikil-kerikil halus dengan diameter 1-4 sentimeter. Bentuknya mirip dengan batu kali yang licin.

Menyusuri pantai tersebut memberikan sensasi tersendiri. Ketika diinjak, kerikil-kerikil itu bergesekan yang memunculkan bunyi-bunyian unik. Dengan kaki telanjang, perjalanan itu bisa diibaratkan pijat refleksi. Uniknya lagi, tebaran kerikil tersebut tidak saja ditemukan di kawasan pantai, namun juga sampai ke halaman, bahkan di dalam, rumah penduduk.

Di pantai tersebut juga ditemukan kubangan-kubangan besar yang menjadi kolam alami. Yang juga unik, kolam-kolam alami itu memiliki dasar yang berisi kerikil-kerikil halus tadi.

Sebagai lokasi wisata percontohan, berbagai fasilitas pun sudah dibangun di Tablanusu. Tersedia hotel kelas melati. Atau, yang ingin alami bisa menikmati tinggal di pondok yang tersusun dari batang pohon kelapa.

Tidak hanya wisata pantai, Tablanusu juga menawarkan wisata petualangan dengan menyusuri perbukitan di belakang kampung tersebut. Jika beruntung, tersaji juga wisata budaya dengan penampilan tari-tarian khas masyarakat setempat.

Tidak ada komentar: