Senin, 05 Maret 2012

Raimuna Nasional 2012: Carilah Oleh-Oleh Khas Papua di Pasar Hamadi

Rasanya tidak afdol jika sudah sampai di Jayapura, peserta Raimuna Nasional 2012 tidak membawa oleh-oleh khas Papua. Berdasarkan kebiasaan berkemah tingkat nasional, di perkemahan juga tersedia penjual oleh-oleh seperti kaos kemah, cindera mata kegiatan, dan apa saja. Namun, harga di lokasi perkemahan cenderung lebih mahal dan pilihan kurang bervariasi.

Agar mendapatkan harga lebih murah serta mendapatkan pilihan yang bervariasi, peserta Raimuna Nasional 2012 di Waena Jayapura dapat menyempatkan keluar buper menuju Pasar Hamadi. Caranya, keluarlah dari Buper, tentu dengan rombongan, jangan perseorangan, lalu naiklah mikrolet jurusan Pasar Hamadi. Peserta akan diantar langsung ke Los Pasar Hamadi. Di sepanjang jalan Pasar Hamadi terdapat kedai oleh-oleh khas Papua.

Jangan langsung tertarik pada sebuah barang. Cobalah membandingkan harga oleh-oleh antarkedai sehingga mendapatkan benda yang berharga mantap. Para penjual rata-rata orang Bugis. Mereka tidak marah jika pembeli menawar barang yang akan dibeli. Pengalaman Garduguru di sana, tidak membeli juga tidak menjadi soal bagi penjual.

Di Pasar Oleh-Oleh Hmadi, terdapat aneka souvenir khas Papua. Mau mencari koteka baru atau bekas, peserta akan mendapatkan di pasar itu. Alat perang tradisional suku Asmat, alat tari-tarian, topi khas Papua, lukisan kulit kayu, batu logam mulia, dan benda seni lainnya, ada di pasar itu.

Pulang ke buper peserta jangan bingung. Di depan kedai banyak berseliweran mikrolet dengan ongkos Rp3000 per orang. Bukankah jarak buper dengan Pasar Hamadi so dekat? Kemah kali ini tidak jauh ke pedalaman. Letak buper berada di pinggiran kota. Di buper Waena terdapat perkantoran dan sekolah. SMAN 3 Jayapura ada di buper Waena. IAIN Jayapura juga ada di dekat buper. Begitu pula kantor besar lainnya.

2 komentar:

Ria Saptarika mengatakan...

Thanks Infonya sangat membantu... ditengah sy mencari info lokasi Buper raimuna Nasional.

Salam hangat
Ria Saptarika
Ka.Kwarcab Batam.
(rsaptarika@yahoo.com)
http://twitter.com/riasaptarika

Toko Online Kalistajaya mengatakan...

thanks