Selasa, 22 Juli 2008

Pungkas Tri Baruno, Guru Semangat Kaum Muda


Belajar dapat melalui pemodelan orang lain. Pemodelan itu memberikan inspirasi baru bagi orang yang mengamati, mendalami, dan mengkreasikan model yang pernah didengar dan dilihat secara langsung. Pungkas Tri Baruno juga merupakan guru bagi kaum muda, terutama semangatnya mendaki gunung. Semangat itu menjadi buku teks bagi kaum muda yang akan mendaki gunung sehingga tidak mengulangi kejadian yang dialami Pungkas.

Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, Prof.Dr.dr. Azrul Azwar, MPH, menganggap pendakian ke puncak Mt McKinley di Alaska yang dilakukan Pungkas Tri Baruno, tidaklah sia-sia. Pungkas bersama Hartman Nugraha, keduanya Pramuka Penegak dari Kwartir Cabang Jakarta Barat, telah berhasil mencapai puncak Mt McKinley setinggi 20.320 kaki dan mengibarkan Bendera Merah Putih serta Bendera Tunas Kelapa, lambang Gerakan Pramuka.

Keduanya telah berhasil membuktikan bahwa kaum muda Indonesia mempunyai semangat serta kemampuan dan tak kalah dengan kaum muda dari negara-negara lainnya. Walaupun kondisi cuaca kurang bersahabat karena berangin cukup kencang dan suhu mencapai minus 25 derajat Celcius. "Adik Pungkas adalah pahlawan bagi Gerakan Pramuka," ujar Azrul Azwar sambil menambahkan bahwa seluruh jajaran Gerakan Pramuka turut berduka cita dengan meninggalnya Pungkas.

Pungkas meninggal dunia dalam perjalanan turun ke camp di ketinggian 17.400 kaki. Saat 10 menit lagi menjelang camp, tiba-tiba Pungkas jatuh terduduk. Teman-temannya segera mendekati Pungkas, "Ayo, tinggal 10 menit lagi kita sampai ke camp." Pungkas bangkit dan mencoba berjalan, tetapi jatuh lagi.

Setelah diperiksa nadinya tidak ada denyutan, maka segera dilakukan pertolongan CPR (cardiopulmonary resuscitation), pertolongan nafas buatan. Dua kali dicoba, namun tak berhasil. Oleh tim medis yang ada, kemudian diberikan suntikan 2 dosis ephinephrin untuk mencegah cardiac arrest, namun tak berhasil juga.

Pungkas adalah salah satu anggota Tim Ekspedisi Tunas Indonesia yang diberangkatkan Gerakan Pramuka untuk mendaki Mount McKinley dalam rangka memperingati 100 tahun Kebangkitan Nasional dan 100 tahun Gerakan Kepanduan Sedunia. Menurut rencana, Gerakan Pramuka akan mengirim sejumlah anggotanya yang telah berpengalaman mendaki gunung untuk mencapai puncak-puncak tertinggi di dunia mulai 2008 ini.

Sebelum memulai pendakian, para calon anggota tim telah melakukan persiapan dan latihan di berbagai tempat selama berbulan-bulan. Latihan dipimpin langsung oleh para pendaki gunung berpengalaman di Indonesia yang juga telah pernah mendaki gunung-gunung bersalju di luar negeri.

Tidak ada komentar: