Kamis, 24 Juli 2008

Metode Alam untuk Membangun Keberanian Siswa


Oleh Suyatno

Alam dapat digunakan sebagai media pembelajaran yang menarik dan menantang siswa sehingga tercapai tujuan pembelajaran yang diharapkan. Berkat sentuhan dan pelibatan alam dalam membentuk pribadi siswa, banyak siswa yang mengalami perubahan yang sangat drastis. Alam mampu menggembleng siswa dari penakut menjadi berani, dari pemalu menjadi percaya diri, dari semaunya menjadi penuh disiplin diri, dan dari watak yang lembek menjadi watak yang kuat. Tentunya, alam dikemas dengan perencanaan yang matang sehingga benar-benar memberikan manfaat yang maksimal.

Garduguru pada tiga tahun yang lalu, pernah menggunakan metode alam bebas untuk mengangkat keterpurukan siswa SMA Kusumanegara di Karangpilang Surabaya. Sejumlah 40 soswa diajak ke gunung untuk bereksplorasi diri dan berintrofeksi dengan model kegiatan yang melibatkan alam secara total. Hasilnya, ke-40 siswa itu lulus 100% UAN. Padahal, di atas kertas, siswa tersebut dipastikan tidak akan lolos UAN karena kenakalan dan rendah motivasi. Siswa SMA Kusumanegara berasal dari sekolah lain (mutasi) karena dikeluarkan atau tidak naik kelas. Sekolah itu merupakan sekolah tampungan daripada tidak sekolah.

Banyak pula, siswa yang mengalami perkembangan sangat baik setelah diajak ke alam dengan metode alam secara intensif. Untuk itu, guru perlu melirik alam sebagai salah satu metode pembelajarannya. Yang paling penting bagi guru adalah perencanaan pembelajaran yang kuat. Antisipasi alam dengan segala kemungkinannya. Lihatlah alam yang ada akan memberikan manfaat apa dalam pembelajaran. Guru jangan hanya sekadar menggunakan alam tanpa perencanaan yang matang. Yang perlu dilihat adalah keadaan sesungguhnya alam itu, arah angin, kerentanan tanah, risiko yang akan terjadi, dan manfaat apa yang dapat dipetik.

Pepohonan yang ada di alam dapat dijadikan bahan untuk pembandingan tumbuhan. Kontur naik turun tanah di alam dapat digunakan untuk membangun keberanian atau apa saja asalkan dapat mencapai tujuan pembelajaran. Alam akan memberikan yang terbaik kepada kita asalkan kita dapat memanfaatkan alam dengan sebaik-baiknya.

Tidak ada komentar: