Jangan asal memberikan bimbingan ke siswa SMP yang akan ujian Nasional 2012 karena Kisi-Kisi bahasa Indonesia SMP tahun lalu berbeda dengan yang tahun 2012. Perbedaannya terletak pada materi yang di-UN-kan. Tahun 2011 terdapat materi kritik dan tajuk sedangkan materi UN 2012 tidak terdapat kritik dan tajuk. Kemudian, kata operasional kisi-kisi 2011 banyak kata kerja menentukan sedangkan tahun 2012 banyak kata kerja mengidentifikasi.
Materi bahasa Indonesia SMP tahun 2012 lebih banyak didominasi oleh berita dan iklan. Lalu, berkaitan dengan menulis, materi hampir sama dengan materi tahun 2011. Sama seperti tahun sebelumnya, pelajaran bahasa Indonesia kisi-kisinya hanya terdiri dari dua
indikator, yaitu membaca dan menulis. Untuk
indikator membaca, siswa harus bisa membaca dan memahami berbagai teks
nonsastra (biografi, artikel, berita, iklan, tabel/diagram, bagan,
grafik, peta, denah), berbagai karya sastra (puisi,antologi puisi,
cerpen, buku kumpulan cerpen, cerita anak, buku cerita anak, novel
remaja, novel angkatan 20– 30-an, dan drama).
Subbahasan dari indikator membaca tersebut adalah:
- Mengidentifikasi isi dan bagian suatu teks.
- Menentukan persamaan isi berita.
- Menentukan perbedaan penyajian berita.
- Mengidentifikasi isi teks biografi/iklan.
- Menentukan kalimat fakta/opini dalam teks iklan.
- Menyimpulkan isi paragraf.
- Mengidentifikasi isi grafik, tabel, bagan, denah.
- Mengidentifikasi unsur intrinsik puisi.
- Mengidentifikasi unsur intrinsik cerita pendek/cerita anak.
- Mengidentifikasi perbedaan karakteristik dua novel.
- Mengidentifikasi unsur intrinsik drama.
- Mengidentifikasi isi dan bagian suatu teks.
- Menentukan persamaan isi berita.
- Menentukan perbedaan penyajian berita.
- Mengidentifikasi isi teks biografi/iklan.
- Menentukan kalimat fakta/opini dalam teks iklan.
- Menyimpulkan isi paragraf.
- Mengidentifikasi isi grafik, tabel, bagan, denah.
- Mengidentifikasi unsur intrinsik puisi.
- Mengidentifikasi unsur intrinsik cerita pendek/cerita anak.
- Mengidentifikasi perbedaan karakteristik dua novel.
- Mengidentifikasi unsur intrinsik drama.
Selanjutnya, untuk indikator menulis,
siswa harus bisa menulis dan menyunting teks nonsastra dengan
menggunakan kosakata yang bervariasi dan efektif dalam bentuk buku
harian, surat pribadi, surat dinas, narasi dan pesan singkat, laporan,
pengumuman, petunjuk, rangkuman, teks berita, slogan/ poster, iklan,
resensi dan karangan, surat pembaca, teks pidato, dan karya ilmiah;
menulis teks sastra dalam bentuk puisi, pantun, dongeng, cerpen, dan
drama.
Kemudian, subbahasan dari indikator menulis adalah:- Menulis catatan pengalaman pada buku harian.
- Menulis pesan singkat sesuai konteks.
- Menulis laporan/pengumuman/resensi.
- Melengkapi surat pribadi/surat dinas/surat pembaca.
- Menulis rangkuman.
- Menulis teks berita sesuai konteks Menulis slogan sesuai konteks.
- Menulis iklan sesuai konteks.
- Menyusun petunjuk melakukan sesuatu.
- Menulis teks pidato.
- Menulis rumusan masalah karya ilmiah/saran karyailmiah/daftar pustaka.
- Menyunting kalimat, ejaan/tanda baca, pilihan kata.
- Melengkapi pantun.
- Melengkapi puisi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar