Selasa, 26 April 2011

Sertifikasi Guru 2011

Bagi yang belum tersertifikasi atau belum mempunyai sertifikat pendidik, bulan-bulan ini amatlah cemas karena menjelang penilaian sertifikasi. lalu, bagaimana sistem tahun ini?

Tahun ini pada hakikatnya sangat sama dengan pola tahun lalu. Hanya saja, tahun ini, kuota untuk portofolio sangat sedikit atau sekitar 1% dari kuota 300.000. Kesempatan untuk portofolio sangat sempit. Apalagi, yang akan portofolio harus benar-benar berprestasi dan mempunyai kesiapan diri. Guru yang akan menempuh portofolio haruslah mengikuti uji tes secara on-line terlebih dahulu. Jika lolos uji tes itu, guru yang bersangkutan barulah menyusun berkas portofolionya. Jika tidak lolos uji tes on-line, guru tersebut langsung mengikuti PLPG.

Berarti sangat enak ikut PLPG saja? Belum tentu. memang PLPG tidak perlu menyusun portofolio lagi. Namun, guru yang ikut PLPG haruslah siap untuk mengikuti proses pendidikan dan pelatihan selama 20 hari dengan waktu yang benar-benar terjadwal. Guru dinilai dari empat aspek, yakni aspek tes, peer teaching, penugasan, dan teman sejawat.

Jika tidak lolos PLPG, guru yang bersangkutan diberi kesempatan untuk ulang uji selala dua kali. Jika masih saja tidak lolos, guru tersebut pembinaannya diserahkan ke dinas pendidikan kabupaten tempat asal guru yang bersangkutan.

Artinya, sertifikasi guru harus diikuti dengan maksimal, serius, dan penuh motivasi agar didapatkan hasil yang maksimal pula. Selamat mengikuti program seritifikasi guru 2011

Tidak ada komentar: