Rabu, 27 April 2011

NII Perusak Bangsa Indonesia, Inilah Modusnya (3)


Kelompok Negara Islam Indonesia (NII) selalu menyasar para mahasiswa yang baru memasuki jenjang perkuliahan. Modus perekrutannya juga sama, dengan menawarkan korban menjadi responden penelitian. Setidaknya, hal itu diungkapkan korban perekrutan NII, seperti dituturkan Sulaiman (24). Ia pernah dua kali direkrut, yakni pada tahun pertama dan tahun terakhir ia berkuliah di Universitas Indonesia.
Ia menuturkan, pada perekrutan pertama, Sulaiman dimintai tolong oleh teman SMA-nya untuk mengisi kuesioner penelitian. Kemudian, mereka bertemu di sebuah mushala. Anehnya, kata Sulaiman, temannya itu tidak membahas soal kuesioner sama sekali. "Diangakunya lupa bawa lembar survei," ucapnya."Modusnya dua-duanya sama. Minta tolong isi kuesioner survei," kata Sulaiman ketika dihubungiKompas.com, Selasa (26/4/2011) malam.
Temannya itu malah mengajak Sulaiman berdiskusi tentang Pancasila. "Dia tanya menurut saya Pancasila sah gak sih. Saya jawab, menurut saya sah, " ujarnya.
Selanjutnya, sang teman memperkenalkan Sulaiman dengan seorang temannya. Menurut teman SMA Sulaiman, seseorang yang diperkenalkan itu akan mempresentasikan hasil seminar yang didapatnya di Singapura tentang Pancasila. "Terus, temannya itu datang ke masjid, bawa laptop, dia presentasi," lanjut Sulaiman.
Dalam presentasinya, lelaki teman dari teman SMA Sulaiman itu menggunakan dalil-dalil Al Quran. Untungnya, kata Sulaiman, ia juga membaca ayat Al Quran yang sama. Merasa tidak sependapat dengan penafsiran lelaki itu, Sulaiman mendebatnya. Hingga akhirnya, saat baru mempresentasikan beberapa slide, lelaki itu pergi.
"Tiba-tiba dia pura-pura terima telepon, pergi, alasannya bokapnya minta dijemput. Teman SMA saya juga pergi," tambahnya.
Belakangan, Sulaiman tahu bahwa teman SMA-nya tersebut dikabarkan telah bergabung dengan NII. Lebih jauh Sulaiman menceritakan, pada perekrutan kedua, sekitar tahun 2008, ia juga diminta mengisi kuesioner oleh orang yang baru dikenalnya. Orang itu mengaku mahasiswa Fakultas Psikologi UI. Karena memiliki pengalaman serupa, Sulaiman lebih waspada.
"Tetapi yang ini lebih ilmiah, ada surveinya, ada kuesionernya. Saya curiga ini NII, tapi saya terusin, pengen tahu saja," tuturnya.
Orang yang mengaku mahasiswa psikologi itu menanyakan pertanyaan di luar kuesioner, misalnya apakah ia  sering mengikuti pengajian, aktif di organisasi Islam atau tidak, dan apakah memiliki saudara TNI atau polisi.
"Pertanyaannya sama dengan yang disampaikan di seminar tentang NII," tambahnya.
Seusai pertemuan, orang tersebut berusaha mengajak Sulaiman bertemu, namun selalu ditolaknya. Dan akhirnya orang tersebut tak menghubunginya lagi.
Pengalaman senada dituturkan Bayu, mahasiswa Vokasi Kehumasan Universitas Indonesia. Pada 2008, saat baru memasuki bangku perkuliahan, Bayu dikenalkan kepada seorang perempuan bernama Tania oleh teman satu jurusan. Tania mengaku sebagai mahasiswa Fakultas Psikologi UI yang sedang menyusun skripsi. Kemudian, saat pertemuan, Tania sama sekali tidak membahas skripsinya. "Malahngobrol tentang Indonesia seperti apa," ujar Bayu, Rabu (27/4/2011).
Selanjutnya, Tania mengenalkan Bayu kepada teman lelakinya yang kemudian menjelaskan kepada Bayu lebih rinci tentang konsep hijrah yang merujuk pada ayat-ayat Al Quran. "Sampai akhirnya saya diajak bertemu di tempat dia (laki-laki) itu, di rumah kontrakan," lanjutnya.
Untungnya, kata Bayu, pada akhirnya ia tidak terjerumus ke dalam NII karena merasa tidak yakin. "Orang itu enggak bisa jelasin maunya apa. Saya gebrak meja, saya tanya maunya apa, terus dia bilang mau pertemukan saya sama kepala negara NII. Tapi sampai sekarang enggak muncul lagi," papar Bayu. (sumber: Kompas.com)

Tidak ada komentar: