Senin, 25 April 2011

Perbedaan Penelitian Tindakan Kelas dengan Lesson Study

Apa sih perbedaan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan Lesson Study (LS)? Perbedaan kedua penelitian itu terletak pada proses pelaksanaannya di kelas. PTK sebagai penelitian tindakan untuk memperbaiki kondisi kelas guru yang bersangkutan menitikberatkan pada peningkatan kondisi belajar dari kondisi rendah bergeser ke kondisi tinggi sesuai dengan yang diharapkan guru. Sedangkan LS lebih mengarah pada penerapan perencanaan pembelajaran yang mampu diterapkan di kelas sehingga diperoleh hasil yang maksimal. PTK dilaksanakan oleh guru kelas yang bermasalah sedangkan LS dapat dilaksanakan oleh guru lain yang akan melaksanakan perbaikan.

Kata kunci PTK adalah tindakan guru dalam memperbaiki problematika yang muncul dari kelasnya. Guru yang sering merefleksikan kondisi kelasnya akan dengan cepat menemukan problematika untuk PTK. Namun, sebaliknya, guru yang tidak pernah melihat kembali pembelajaran yang dilakukannya tidak akan pernah mampu memunculkan problematika pembelajaran di kelasnya.

Kata kunci LS adalah problematika pembelajaran yang perlu dikaji melalui plan, do, see. LS perlu direncanakan dengan sebaik-baiknya yang melibatkan banyak orang untuk memberikan masukan perencanaan itu. Setelah rencana dianggap matang, guru melakukan pembelajaran di kelas dengan diamati oleh beberapa orang yang sebelumnya telah mengikuti perencanaan bersama dengan guru kelas. Kemudian, di ruangan tersendiri, guru bersama para pengamat berdiskusi tentang pembelajaran yang telah dilaksanakan. Kebenaran pelaksanaan LS berdasarkan masukan pada pengamat dan hasil guru dalam melaksanakan pembelajaran.

Tidak ada komentar: