Senin, 25 April 2011

Job Creation bagi Pramuka: Pendidikan Karakter Sekaligus Enterpreuner

Sebanyak 50 pamong satuan karya (special troop leader) melakukan pendidikan pamong saka di Koarmatim AL di Kompleks AL Ujung Surabaya pada 22--23 April 2011. Mereka dipandu langsung oleh beberapa pelatih pembina pramuka Kwarda Jawa Timur dan pelatih Kolatarmatim, TNI-AL.

Pramuka yang bergabung dalam satuan karya merupakan sosok yang berintegrasi dengan pendidikan karakter dan sekaligus enterpreuner jika ditangani serius oleh pembinanya. "Pembina atau pamong saka harus dapat membuat peserta didiknya berpeluang untuk kaya. Kaya pikirannya, kaya jiwanya, kaya hatinya, dan kaya hidupnya", kata Dr. Suyatno, M.Pd., selaku pelatih yang memandu para pamong tersebut. Peserta diajak membuat kaya peserta didiknya melalui job creation dengan penciptaan lapangan kerja yang begitu luas dan beragam.

Malamnya, peserta melakukan uji diri agar mempunyai kepercayaan diri berbasis disiplin dengan cara caraka malam. Kegiatan itu dipandu oleh para perwira sebagai pelatih kolatarmatim TNI-AL. Caraka malam berlangsung seru dan mengesankan bagi peserta. Ada peserta yang keluar rute karena kurang cermat dan tidak disiplin diri. Paginya, peserta berkunjung ke kapal Dewa Ruci. Setelah itu, peserta bermain senjata untuk melatih konsentrasi diri.

Tidak ada komentar: