Rabu, 11 Januari 2012

Raimuna Nasional 2012: Mob (Humor) Papua Jangan Ditinggalkan untuk Dinikmati

Pace ones satu ni de mo curi orang pu anjing..Tiba waktunya de lihat rumah kosong,dan de mulai elus2 anjing tu,tunggu sampe anjing jinak baru de isi masuk ke karung..pas ada elus2 begini,tuan rumah de kluar dari pintu dan.. Tuan Rumah : weee..ko bikin apa dengan sa pu anjing tu??? Pace ones de bingung….Pace pikir cari.
Itulah sepenggal MOB Papua dari sekian ribu mob yang ada dan sering disampaikan jika anak muda, orang tua, atau masyarakat yang sedang bergunjing lalu mereka tertawa lebar tanpa beban. Ya. Orang Papua di Jayapura khususnya suka untuk humor pelepas dahaga. Mereka tidak sungkan-sungkan membuat mob untuk diri sendiri.

Jadi, jika penegak pandega nanti ke Raimuna Nasional, jangan lupa untuk merasakan mob Papua. Mob adalah humor singkat tentang kelucuan yang diciptakan hanya untuk mengundang tawa dengan memainkan logika. Tentunya, mob seperti itu di daerah lain juga ada. Namun, di Papua sangat melimpah. Bawalah oleh-oleh mob itu dengan mencatat atau merekam. Asyik juga, mob dibawa ke daerah sebagai bahan humor baru. Kalau susah, pergi saja ke toko buku Gramedia Jayapura. Di toko itu banyak buku tentang Papua.

Bahasa mob Papua sangat khas. Peserta Raimuna harus paham bahwa bahasa Indonesia di Papua sering disingkat, seperti pu artinya punya, su artinya sudah, pi artinya pergi, sa untuk kata saya, tra berarti tidak, dan seterusnya. Kata singkat tersebut tentu menjadi keasyikan tersendiri untuk mempelajarinya.

Tidak ada komentar: