Rasanya, semua orang sangat yakin kalau bercerita disukai oleh anak-anak usia TK. Bahkan, siswa TK dapat larut dan hanyut dalam cerita karena kepandaian guru dalam menyampaikannya. Oleh karena itu, guru TK sangat perlu menggunakan cerita sebagai metode penyampaian inti pembelajaran. Syaratnya, guru TK harus kreatif dalam menciptakan cerita atau mengolah cerita yang sesuai dengan alam pikir siswa.
Metode bercerita merupakan salah satu strategi pembelajaran
yang dapat memberikan pengalaman belajar bagi anak TK dengan membawakan
cerita kepada anak secara lisan. Cerita yang dibawakan guru harus
menarik, dan mengundang perhatian anak dan tidak lepas dari tujuan
pendidikan bagi anak TK.
Penggunaan
bercerita sebagai salah satu strategi pembelajaran di Taman Kanak-kanak
haruslah memperhatikan hal-hal (1) isi
cerita sesuai dengan dunia kehidupan anak, (2) kegiatan
bercerita memberikan perasaan gembira, lucu, dan
mendidik, (3) kegiatan
bercerita memberikan pengalaman bagi anak, (4) beberapa
macam teknik bercerita dapat dipergunakan (membaca langsung dari buku, menggunakan ilustrasi dari buku gambar,
menggunakan papan flannel, menggunakan boneka, bermain peran dalam suatu
cerita, atau bercerita dengan menggunakan jari-jari tangan), (5) bercerita
dilakukan dalam kelompok kecil untuk memudahkan guru
mengontrol kegiatan yang berlangsung sehingga akan berjalan lebih
efektif. Selain itu tempat duduk pun harus diatur sedemikian rupa,
misalnya berbentuk lingkaran sehingga akan terjalin komunikasi yang
lebih efektif.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar