Selasa, 10 Januari 2012

Raimuna Nasional 2012: Jangan Lupa Mampir ke Danau Sentani

Jika tidak ke Danau Sentani, rasanya rugi kalau sudah ke Papua. Danau indah ini sangat dekat dengan Bandara. Bahkan, jika peserta Raimuna Nasional 2012 via pesawat, perjalanan ke Buper Waena pasti akan melewati pinggir Danau Sentani bagian utara. Betapa indah dengan jalan mulus berkelok sedang.

Danau ini memiliki pemandangan yang indah di atas kilauan air dengan rumah penduduk yang khas. Keheningan air akan membuat peserta Raimuna Nasional merasa damai dan nyaman. Dengan merangkul Pegunungan Cyclops di sebelah utara dan tumbuhan subur sebagai latar belakang yang indah dan melindungi 24 desa yang betengger sekitar danau menjadikan danau ini sangat indah dan unik. Orang-orang di sini ramah dan kreatif, hasil kerajinan tangan mereka merupakan yang terbaik di tanah Papua. 

Jika ada waktu luang, pergilah dengan sengaja untuk menikmati danau dengan  menaiki perahu . Peserta Rainas 2012 bisa menyewa perahu bermotor di salah satu desa. Kalian akan merasakan hembusan angin membelai kulit dan rambut ketika melaju di danau, mengabadikan rumah-rumah panggung dan berkenalan dengan penduduk setempat hanya bisa didapatkan dan  diarasakan di danau ini.

Danau Sentani dan sekitarnya dahulu merupakan tempat pelatihan untuk pendaratan pesawat amfibi. Landasan ini dibangun oleh Jepang yang kemudian diambil alih oleh Angkatan Darat AS pada tahun 1944. Legenda perang Amerika, Jenderal McArthur dikatakan pernah tinggal di danau dan di 22 pulau di dalamnya.

Hidup sebagai nelayan dan lokasinya yang dekat dengan ibu kota provinsi, adalah alasan mengapa sebagian besar penduduk sekitar danau terbuka pada pengunjung. Rumah panggung dengan kolam dan jaring adalah pemandangan umum di danau. Danau ini merupakan rumah bagi setidaknya 33 jenis ikan, yang hampir separuh dari mereka adalah asli danau ini. ikan gergaji (Pristis Microdon) merupakan ikan asli danau ini, namun kini diperkirakan sudah punah. Ikan ini merupakan salah satu ornamen adat pada kerajinan kayu Sentani.

Apalagi, saat Rainas 2012, rencananya juga akan digelar Festival Danau Sentani. Tentu, akan ada unjuk kreasi budaya yang menakjubkan bagi warga Indonesia dan dunia. 

Tidak ada komentar: