Kamis, 12 Januari 2012

Kuliah Kembali, Setelah Lama Bekerja, Tidak Perlu Susah

Kadang memang terjadi, saat berkuliah terputus dengan dunia kerja dengan alasan yang macam-macam tapi itu tidak mengapa. Nasib, kondisi ekonomi, atau situasi memang tidak mendukung untuk terus kuliah. Jadinya, ya cuti untuk beberapa waktu atau keluar tidak berkuliah lagi.

Andai tiba-tiba diri mempunyai keinginan berkuliah lagi, itu pertanda bagus. Jangan buru-buru dipupus keinginan itu. Segeralah berkuliah dan jangan merasa susah.

Nah, berikut ini sejumlah tips yang mungkin bisa membuat  nyaman menjalani kembali masa kuliah yang telah lama ditinggalkan:

Mengatasi kecanggungan
Kembali ke bangku kuliah akan “menakutkan” bagi para pelajar dewasa, alias yang telah berusia. Terutama, jika teman sekelas tampak lebih muda dan lebih cerdas. Jangan khawatir, biarkan saja perasaan takut dan kecemasan itu ada. Hal itu lumrah dirasakan. Tetapi, yang paling penting adalah bagaimana mengatasi kecanggungan itu dengan berbagi ketidaknyamanan yang Anda rasakan dengan orang lain. Bagaimana pun, hal-hal nonteknis itu jangan sampai menghambat kesempatan belajar Anda.

Aturlah jadwal dengan realistis
Tak mudah memang kembali ke bangku studi setelah lama meninggalkannya. Apalagi, jika harus "disambi" bekerja. Aturlah jadwal studi sesuai dengan kondisi yang Anda jalani. Misalnya, menyesuaikan dengan tugas yang harus dihadapi, kehidupan kerja, kehidupan keluarga, dan terutama tanpa mengabaikan kesehatan Anda.

Rutinitas (jadwal) baru mungkin memiliki kesulitan di awal. Tetapi, jika bertahan, kesempatan untuk sukses pasti ada. Jadwal studi merupakan kebiasaan penting yang Anda atur sedemikian rupa.

Carilah waktu luang
Kembali ke bangku kuliah menuntut Anda untuk menyediakan waktu untuk mempelajari materi ajar, misalnya selama di perjalanan, selama istirahat saat bekerja, atau menyempatkan waktu untuk membaca di waktu luang. Anda dapat meningkatkan keberhasilan akademis dengan mencabut lima atau sepuluh menit dari rutinitas sehari-hari untuk belajar. Ditambah, salah satu cara paling efektif untuk belajar adalah dalam waktu singkat tetapi berkelanjutan dan teratur. Selain itu, bisa juga membuat catatan khusus mengenai materi kuliah adalah bagian dari kehidupan sehari-hari. Cara ini bisa jadi tips sukses bagi para pelajar dewasa yang ingin meningkatkan memori dan meningkatkan nilai!

Pelajari cara menghadapi ujian
Anda harus menggunakan sumber daya yang ada dan belajar tentang strategi efektif menghadapi ujian. Misalnya,  membaca kembali seluruh ujian sebelum menjawab pertanyaan, dahulukan menjawab pertanyaan yang dianggap mudah, melihat jam sehingga tidak kehabisan waktu, dan lain sebagainya. Jangan ragu untuk mendekati pengawas ujian  jika ada kebingungan atau memerlukan informasi ekstra yang dibutuhkan. Sebab, tugas guru atau dosen adalah untuk membantu mahasiswa belajar dan berhasil.

Belajarlah untuk mengatakan, "Tidak!"
Saat Anda harus bekerja sambil belajar, harus tegas dalam mengatakan, "Tidak". Terutama, untuk hal-hal yang akan mengganggu alokasi waktu belajar Anda. Misalnya, saat teman meminta bantuan untuk hal yang tidak mendesak, pekerjaan ekstra (lembur) di tempat kerja, atau bahkan keluarga sendiri. Bagaimana pun, ketika berkomitmen untuk sekolah lagi, prioritas Anda adalah menyelesaikan pendidikan.

Buatlah waktu untuk belajar kelompok, berdiskusi dengan orang-orang yang kembali ke sekolah dan berhasil menyeimbangkan dengan pekerjaan mereka, keluarga, dan kehidupan sosial. Catatan pentingnya, jangan sampai kehabisan energi!

Terapkanlah strategi ini secara perlahan, jangan memaksakan diri Anda. Apapun pilihannya, harus dijalani dengan konsisten dan memberikan kenyamanan! Semoga berhasil, dan belajar bahagia! 

Tidak ada komentar: