Rabu, 04 Mei 2011

Mengajar dengan Media Kain Planel

Rasanya, pembelajaran kita perlu divariasikan agar siswa merasa bahagia saat di kelas. Cobalah diingat-ingat, berapa kali dalam mengajar siswa menggunakan papan tulis dengan spidol ataukapur? Pastilah jawabnya, hampir tiap hari, 350 hari dalam setahun. Betapa jenuh siswa ketika harus menghadap papan terus dengan mengikuti gerak tangan guru mengayunkan spidol atau kapur. Apakah tidak ada cara lain yang dapat memberikan bumbu variasi demi kenyamanan belajar siswa?

Banyak cara memvariasikan mengajar dengan inovatif dan kreatif. Pada blog garduguru ini, Dr. Suyatno, sudah banyak memberikan alternatif jitu. Kali ini, yang ditawarkan oleh garduguru adalah media mengajar dengan kain planel dengan beragam tempel sesuai dengan mata pelajarannya.

Media pembelajaran dengan kain planel maksudnya adalah kain planel yang sudah dibingkai dengan kayu atau pengeras lainnya ditempeli kata, bagan, gambar, grafik, atau apa saja sesuai dengan mata pelajaran. Kain planel sifatnya mengikat karena ada bulu kain yang akan menempel jika diletakkan alat perekat seperti yang ada di sepatu, tas, dan lainnya.

Sebelumnya, guru harus menyiapkan huruf yang sudah dikemas sesuai dengan ukuran jarak pandang. Lalu huruf itu ditempel di karton agar sedikit kencang. Di balik karton ditempeli perekat kain yang dilem. Kemudian, kartu huruf atau kata itu siap digunakan.


Untuk mudahnya, garduguru saat ini sudah memproduksi kain planel dengan kemasan menarik dan mudah digunakan. Jika pembaca menginginkan kain planel itu dapat menghubungi Mas Arum di 085648008053. Kain planel akan segera dikirim setelah ada pesanan. Tentunya, harga ditambah dengan ongkos kirim.

Tidak ada komentar: