Selasa, 17 Mei 2011

Guru SMPN 20 Surabaya Antusias Berlatih Membuat Modul

Karena sangat antusias berlatih menulis modul belajar, guru SMPN 20 Surabaya sampai terlupa akan waktu rehat. Mereka asyik menulis dari halaman judul sampai pada cara menuliskan daftar pustaka. "Ternyata, menulis modul itu sangat mudah", kata salah satu guru yang menjadi peserta. Rancangan modul selesai hanya selama 3 jam. Ketika pemandu, yakni Dr. Suyatno, M.Pd. sebagai pengasuh garduguru ini menyampaikan refleksi, rata-rata guru telah menghasilkan 10 lembar tulisan bahan modul.

Pelatihan penulisan bahan ajar berbentuk modul itu dilaksanakan di Aula SMPN 20 Surabaya pada Sabtu, 14 Mei 2011. "Ini langkah awal agar guru produktif dalam menulis bahan ajar", kata Suparno M.M., selaku kepala sekolah. Diharapkan, guru tidak sebatas tahu modul tetapi sampai menghasilkan modul buatan sendiri. "Untuk itu, diharapkan bulan Juli, rancangan modul selesai dibuat dan akan direviu langsung oleh Pak Suyatno", tambah kepala sekolah.

Pelatihan pembuatan modul dirancang dengan pola learning by doing. Peserta diajak untuk langsung praktik membuat modul yang dibimbing langsung Pak Suyatno. Pertama, dalam penyajian, pemandu mengajak peserta untuk berkomitmen diri melalui permainan kertas selembar. Setelah itu, peserta diberikan gambaran modul dan peran bahan ajar. Akhirnya, peserta secara tidak langsung membuat modul yang dipimpin oleh pemandu. Hasilnya, tidak ada satu guru pun yang tidak menghasilkan rancangan kasar sebuah modul.

Tidak ada komentar: