Sabtu, 07 Mei 2011

Dengan Learning by Doing, Prposal Penelitian Tindakan Kelas 41 Guru SDN Sememi 1 Benowo Berkategori Baik

Mulanya, 41 guru SDN Sememi 1 Benowo susah untuk menulis kalimat dalam paragraf apalagi menuliskan proposal sebuah penelitian. Namun, rasa susah itu sirna dalam sekejap setelah komitmen diri meluap-luap dalam pelatihan pembuatan proposal PTK yang diadakan dengan pola learning by doing. Saat ini, telah tersusun 41 proposal PTK yang siap untuk dilaksanakan. Tiga bulan ke depan, di SDN Sememi 1 Benowo akan ada arsip PTK sejumlah 41 berkas.

Jika guru di sekolah lain sampai saat ini susah benar membuat proposal dan pada ujung-ujungnya bisa jadi "membeli" PTK, guru SDN Sememi 1 Benowo  justru rela bersusah payah membuat hanya dengan satu tujuan, yakni dapat menulis sendiri. Kondisi itu muncul setelah mereka pada bulan Oktober tahun lalu dilatih secara langsung oleh garduguru di SDN Sememi 1 Benowo Surabaya.

Pelatihan yang dipandu garduguru sangat asyik dan lain dari yang lain. "Saya pernah ikut pelatihan PTK tapi seharian hanya ceramah saja sehingga pulang tidak bisa. tapi, pelatihan dengan Bapak Suyatno, setengah hari, saya langsung bisa", kata Pak Pur, guru olahraga SDN Sememi 1 Benowo Surabaya yang diamini guru-guru lain.Semua itu terwujud berkat inovasi kepala sekolah, Drs. trubus, yang berkeinginan bahwa guru-gurunya harus pandai mengkaji pembelajaran yang dilakukan sendiri melalui tulisan penelitian.

Saat jumat, 6 Mei 2011, garduguru datang ke SDN Sememi 1 untuk melihat hasilnya. Ternyata, semua guru menyodorkan proposal yang mantap dan siap untuk dilaksanakan. padahal, bayangan garduguru, proposal yang dibuat masih sebatas catatn-catatan singkat. Ternyata anggapa itu keliru. Jadi, dapat dipastikan, laporan PTK pada Juli mendatang pasti akan terealisasi. Bukankah penelitian yang baik diawali oleh proposal yang baik pula.

Tidak ada komentar: