Rabu, 20 Januari 2010

Dalam Sekolah, yang Penting Tujuan Bukan Hasil

Saat ini, hasil belajar berupa angka-angka skor atau nilai menjadi dambaan utama sehingga tidak kaget jika UAN sangat dipersoalkan. Padahal, dalam pendidikan di sekolah yang dipentingkan adalah perubahan sikap dan tingkah laku berdasarkan tujuan pendidikan. Pembuat kebijakan, pengelola sekolah, guru, serta orangtua murid seringkali lupa, bahwa belajar di sekolah bukan semata untuk mendapatkan nilai dan prestasi akademik. Sudah saatnya dunia pendidikan Indonesia harus meninggalkan paradigma lama tersebut. Bisa mengambil keputusan dengan baik sesuai nilai-nilai yang kreatif dan moralitas yang tinggi, untuk itulah intinya tujuan ke sekolah.

Paradigma tersebut selalu memandang tujuan pendidikan di sekolah hanya berdasarkan ukuran-ukuran akademik. Padahal sebetulnya, tujuan atau ultimate goal pendidikan di sebuah sekolah adalah menjadikan anak didik bisa membuat keputusan yang tepat dalam hidupnya dengan nilai-nilai kreatif serta menjunjung moralitas yang tinggi.

Siswa harus bisa mengambil keputusan dengan baik sesuai nilai-nilai tadi, untuk itulah intinya mereka ke sekolah. Itu harus dijadikan kebiasaan, agar pada akhirnya mereka bisa melihat permasalahan dan menghargai setiap perbedaan dalam mencari solusi permasalahan itu dengan jujur dan kreatif.

Tidak ada komentar: