Jumat, 16 Mei 2008

Ujian Skripsi, Siapa Takut?


Oleh Suyatno

Saat ujian skirpsi berlangsung, Nitalia (sebut saja begitu; bukan nama sebenarnya-red.)tiba-tiba menangis dengan cucuran airmata sangat deras. Padahal, ujian baru saja berlangsung dan dosen penguji mempersilakan presentase. Belum berucap apa-apa, nitalia menunduk dan menangis tersedu. Terpaksa ujian ditunda sampai Nitalia siap. Ketika dinyatakan siap, Nitalia siap diuji. Lagi-lagi, tiada suara yang ada diam sejuta senyap. Ada apa? Ternyata, Nitalia tidak percaya diri, tidak siap, dan tidak yakin akan tulisannya. Padahal dosen pembimbingnya telah menyatakan lengkap skripsi yang ditulisnya.

Nah, agar tidak terjadi kasus Nitalia yang berikutnya, garduguru mencoba untuk memberikan tips agar ujian skripsi berjalan lancar. Berikut tips ujian skripsi yang dimaksud.

1. Percaya Diri
Kuatkan diri dengan kepercayaan bahwa dirinya mampu untuk mempresentasekan gagasan yang tergambar dari skripsi. Ingatlah SEMUA SARJANA PASTILAH MENGALAMI UJIAN SKRIPSI. Mereka lulus maka Anda pastilah juga dapat lulus.

2. Kuasai Isi Skripsi
Semua isi skripsi merupakan luncuran gagasanmu. Untuk itu, sudah menjadi kewajiban kalau isi skripsi juga harus dikuasai dari awal sampai akhir. Berpikirlah sistematis dari latar belakang, masalah, tujuan, sampai pada simpulan. Untuk menguasai isi banyak cara dilakukan, yakni membuat skema, peta pikiran, catatan ringkas, kata kunci, dan pohon konsep.

3. Istirahat yang Cukup
Saat sehari menjelang ujian, cobalah istirahat yang cukup, tidur lebih awal, makan yang bernutrisi, dan tenangkan pikiran agar saat ujian tidak terjadi gangguan. Gangguan yang biasanya muncul adalah lunglai, ngantuk, batuk, dan suara tidak keluar. Gangguan itu biasanya berasal dari kondisi tubuh yang tidak fit.

4. Buatlah Power Point Sederhana
Sebelum ujian, buatlah power point sederhana yang mudah dilihat, dipahami, dan diserap maknanya. Saat ini, ujian skripsi sudah banyak yang menggunakan power point, lalu, mengapa Anda tidak mencobanya? Jauh sebelumnya, buatlah power point dan jangan lupa konsultasikan ke dosen. Berlatihlah di rumah, kos, atau tempat lain tentang cara penggunaan power point Anda.

5. Presentase dengan Tenang
Biasanya, dosen mempersilakan Anda untuk berdoa dahulu lalu menjelaskan isi skripsi secara ringkas sebelum diadakan tanya jawab. Saat tahap menjelaskan, presentaselah dengan tenang, tahap demi tahap, dan sistematis. Keluarkan suara dengan pas. Jangan bertele-telee saat menjelaskan. Jelaskan latar belakangnya, masalah, tujuan, metode penelitian, analisis, dan simpulannya dengan selaras.

6. Jawablah dengan Tepat
Tiada ujian tanpa tanya jawab. jadi, hal yang biasa jika penguji bertanya kepada Anda tentang skripsi. Pertanyaan teknis biasanya berkisar pada ejaan, tatatulis, penomoran, kutipan, kecocokan dengan daftar pustaka. Kemudian, pertanyaan subtansi biasanya berkisar pada kaitan simpulan dengan pembahasan, masalah dengan simpulan, fenomena lain, cara menganalisis, dan cara menyimpulkan. Pertanyaan tambahan biasanya berkaitan dengan isu di seputar judul skripsi. Di samping pertanyaan, dosen penguji biasanya juga akan memberikan saran demi perbaikan. Jika memang saran, terima saja saran yang dimaksud asalkan tidak mengubah total skripsi Anda.

7. Jebakan Pertanyaan Layani saja
Kadang, untuk menukik pada persoalan dan untuk mengetahui kapasitas pembuat skripsi, dosen penguji menjebak dengan pertanyaan yang tidak terduga. Layani saja pertanyaan jebakan itu. Andai tidak mengerti, ya katakan tidak mengerti.

8. Hindari Ucapan Terbata-Bata
Banyak mahasiswa yang berhenti di tengah permainan. Maksudnya, di awal presentase sang mahasiswa lancar berbicara namun selang dua menit suara terbata-bata, gagap, dan berhenti lama. Hindari kejadian itu dengan cara berlatih sebelumnya, jangan terburu-buru, minumlah, tersenyumlah, dan berangkat dari aspek yang mudah diomongkan terlebih dahulu.

9. Jangan Menyimpang
Banyak mahasiswa yang tidak lulus karena presentasenya menyimpang. Isi skripsi justru tidak dijelaskan dan yang dijelaskan malah aspek di luar isi yang tidak berkait. Tetaplah berada pada fokus isi skripsi. Untuk itu, siapkan catatan ringkasnya di dekat Anda.

10. Terimalah Perbaikan dengan Senang Hati
Tidak ada ujian skripsi tanpa perbaikan meskipun itu kecil. Jadi, terimalah saran perbaikan dari dosen penguji dengan gembira. Perbaikan itu tentunya untuk meningkatkan mutu tulisan Anda. jangan marah. Malah, justru Anda berterima kasih kepada dosen penguji atas saran itu. Tnyakan dengan lengkap lingkup perbaikan sehingga akan memudahkan saat revisi nanti.

11. Cepatlah Direvisi
Setelah ujian selesai, cepatlah direvisi skripsi Anda mumpung masih ingat inti perbaikan. Biasanya, semakin lama waktu yang dibuang karena alasan istirahat sehabis ujian, justru semakin lupa akan tugas utama memperbaiki skripsi. Untuk itu, tanpa buang waktu, segeralah merevisi skripsi sesuai dengan yang disarankan dosen penguji saat ujian. Selamat ujian yaaaa.

9 komentar:

Sutining mengatakan...

Alhamdulillah saya ingat Bapak akan menulis masalah ujian skripsi Selasa kemarin. Saya Sutining Pak (PR-04). Senang rasanya menjadi orang yang memberi komentar pertama. Tulisan Bapak tersebut sangat berguna buat saya dan teman-teman seperjuangan saya yang akan bersiap perang pada 3-4 Juni 2008 mendatang. Bahkan sampai saya print buat teman-teman lho Pak. Masalah penguasaan power point Alhamdulillah sedikit menguasai, tapi saya agak sedikit canggung nanti seandainya tidak ada yang mengoperasikannya. Apakah nanti pada saat ujian skripsi mahasiswa juga yang memegang kendali? Maksudnya, apakah presentasi sekaligus menggunakan power point sendiri tanpa bantuan operator? Mohon doanya ya Pak, semoga pada saat ujian skripsi nanti saya dan teman-teman mampu menjalani dengan lancar sehingga hasil yang kami peroleh sesuai harapan. Amin
Mudah-mudahan saya mampu mengaplikasikan saran Bapak di atas. Terima Kasih.

Kritik Sastra mengatakan...

Tipsnya asyik. Tampaknya, asyik untuk dibuatkan poster tentang tips-tips dalam kuliah yang saya ikuti semester ini: KEHUMASAN.

ratnapidato18 mengatakan...

Selamat Sore Pak Yatno. Alahmdulillah setelah empat tahun menunggu,akhirnya datang juga.Datanglah sesuatu yang membuat aku senang, aku kesal, aku bosan, aku bangga yakni SKRIPSI. Saya bisa ikut ujian skripsi meski sebenarnya saya gak berani 100% menghadapi ujian nanti. Tapi, berkat saran Bapak, saya akan mencoba agar yakin, percaya, dan siap lahir batin menghadapi ujian skripsi nanti. Doakan kami Lulus tahun ini ya Pak, kan gak merepotkan Bapak lagi. Ok!(Ratna DeKa/PR04)

yulia ti mengatakan...

Assalamualaikum Pak Yatno. Akhirnya skripsi datang walaupun maju satu bulan dari perkiraan, hal ini membuat saya sangat senang sekaligus nerveous saat menghadapi ujian tgl 3-4 juni nanti. Meski sebenarnya saya takut menghadapi ujian nanti saya akan mencoba yakin, percaya dan banyak doa supaya lulus. Terima kasih atas tips yang bapak berikan pada kami.
Pak yatno doakan kita lulus tahun ini ya pak, biar tidak penuh2 in kampus.he...he...
Pak tolong dibuka blog saya ya!
www.imajinasipuisiremaja.blogspot.com
wassalam

cerdasdiksi mengatakan...

ass. selamat pagi pak, hari ini saya ke kampus untuk melihat dewan penguji skripsi. ternyata bapak menjadi salah seorang dosen yang akan menguji tulisan saya. terima kasih sebelumnya sudah memberikan tips yang sudah saya baca terlebih dahulu, sebelum saya mengetahui dosen penguji kelak. bapak juga tentunya sudah sangat mengerti kondisi psikologis para mahasiswa yang akan menghadapi ujian skripsi, dengan mengikuti saran yang bapak berikan, insyaallah saya siap. mohon doa ya pak.....

Rosyi mengatakan...

Ass.Wr.Wb

Wah Bapak...tipsnya keren!!!Bisa buat masukan yang oke untuk ujian skripsi minggu depan. Nervousnya bisa berkurang nie...
minta doanya ya Pak!!!

funchyantiq mengatakan...

Pak,
Gimana study tour-nya?
Ngelencer ae rek...hehehehe.....

Gi ngapa? Oia, gimana ujian skripsi gelombang duanya?
Jurusan Bhs. Inggris aja ada, Jepang juga ada, Unair juga ada, UGM....ya kagak tau....


Salam.

Larik-Lirik.blogspot.com mengatakan...

Assw.
bagaimana kabar bapak?? sudah lama saya tidak ikut mata kuliah kehumasan karena sakit, sehingga jarang ketemu sama bapak. sebenarnya saya ingin berkonsultasi masalah pembelajaran dan skripsi tapi karena waktu yang sudah mepet untuk ujian skripsi dan kondisi tubuh tidak fit, jadi saya mengurungkan niat untuk mencari bapak.oh, ya blog bapak kini tambah keren aja setelah lama saya tidak buka. masukan buat bapak,bagaimana kalau bapak juga membuka blog konsultasi psikologi bagi tiap mahasiswa, siswa dll tentang keluhan-keluhan mereka dalam menghadapi pembelajaran yang mereka terima.ok, bapak sukses ya.

by: Siti Khodijah PNA'04
blog saya sudah saya ganti: Larik-Lirik.blogspot.com mengenai apresiasi musik (hehehe........)

Anonim mengatakan...

Assalamuallaikum
Terima kasih Bapak, dengan membaca tulisan bapak, saya menemukan apa yang saya cari. saya merasa kebingungan dan kepanikan karena sebentar lagi ujian skripsi.