Kamis, 29 Mei 2008

Penerbit Erlangga Latih Pembelajaran Inovatif kepada 95 Guru SD Kecamatan Srengat Blitar

Blitar-garduguru: PT Erlangga melakukan pengabdian kepada masyarakat dengan memberikan pelatihan gratis bagi guru SD di Kecamatan Srengat Blitar. Makan, minum, piagam, dan penyajian ditanggung oleh PT Erlangga. Peserta tinggal datang dan mengikuti pelatihan. Peserta tampak antusias yang ditandai oleh kedatangan ke lokasi pada pukul 07.00 padahal acara dimulai pukul 08.30 karena menunggu kedatangan pejabat dari kabupaten.

Tidak terasa waktu bergerak di pukul 12.00, saat 95 guru SD di Kecamatan Srengat Blitar berlatih bersama dalam nuansa pembelajaran inovatif pada Kamis, 29 Mei 2008, di ruang Cabang Dinas Pendidikan Srengat. Mereka bertepuk tangan, mengamati gambar, bernyanyi, dan merefleksikan pelatihan dengan riang gembira. Acara yang dipandu langsung oleh suyatno, penjaga garduguru ini, berlangsung khidmat. Sampai pukul 12.00, tidak ada peserta yang beranjak dari tempat duduknya.

Saat pertama acara dimulai, beberapa pesan disampaikan oleh pejabat Kabupaten Blitar. "Acara semacam ini perlu dilaksanakan dengan koordinasi yang tepat dan harus menghasilkan peran guru yang tepat pula,", kata Pak Legowo selaku kasi TK dan SD. Setelah acara pembukaan selesai, suyatno, dengan jas warna abu-abu memberikan beberapa gambar dari slide tentang persepsi sebagai tahap awal pelatihan.

Guru semakin serius dengan riang mengikuti pemanduan. Gambar demi gambar pembelajaran diartikan guru dan direfleksikan pada diri sendiri. Kemudian, suyatno menghentak peserta dengan pemaparan fakta nyata perilaku guru saat ini yang penih kekurangan. Lalu, emosi peserta diajak ke tingkat penyadaran tinggi. Peserta kemudian meyakini kalau dirinya siap dan akan berubah.

"Saya berharap pelatihan semacam ini ditindaklanjuti", ujar guru laki-laki dari SDI. "Baru kali ini, pelatihan yang saya ikuti memberikan kesan khusu", ujar Widati sebagai peserta. Tidak terasa waktu menghimpit-himpit. Acara ditutup dengan pembagian bingkisan dari PT Erlangga untuk peserta yang dapat menjawab kuis.

1 komentar:

Kritik Sastra mengatakan...

Saya kira, juga banyak guru yang nantinya akan berkomentar serupa. Bahwa pelatihan untuk meningkatkan profesionalitas guru dengan menawarkan metode pangajaran yang kreatif dan inovatif, banyak diharapkan.