Kamis, 10 April 2008

Mengajar dengan Lagu


Oleh Suyatno

Masuklah ke kelas dengan lagu yang disenangi anak-anak kemudian syairnya diubah dengan materi inti yang akan disajikan. Bernyanyilah bersama dengan anak-anak dalam kondisi riang dan senang. Ulangilah lagu itu. Kemudian, ajaklah anak untuk memakanai isi lagu berkaitan dengan pengalamannya.
Setelah itu, ajaklah anak untuk membuka buku berkaitan dengan isi lagu. Siswa mengaitkan isi lagu dengan isi buku. Lalu, siswa membuat deskripsi dengan bahasa sendiri. Deskripsi tiap siswa direviu dalam kelompok sehingga muncul satu deskripsi kelompok.
Setelah, muncul deskripsi kelompok, siswa melaporkan dan saling membandingkan isi deskripsi yang satu dengan yang lainnya dalam kelompok. Simpulkan bersama siswa. Jangan lupa, kuatkan pemahaman konsep siswa denagan penyajian poin-poin isi materi.
Hasil dari penguatan perlu dirayakan dengan tepuk tangan. Kemudian, nyanyikan lagi lagu tadi dengan riang.
Cobalah dites siswa yang baru saja mengamai pembelajaran dengan bernyanyi itu. Hasilnya, siswa pasti lebih banyak mengerjakan dengan benar. Dengan syarat, guru harus menjaga irama agar inti materi benar-benar terlampaui dengan baik. Guru memperhatikan perkembanagan tiap individu.
Kunci agar guru dapat melaksanakan teknik lagu adalah (1) guru harus mampu menyanyikan dengan berlatih di rumah, (2) yakinlah bahwa anak dapat menyanyikan lagu tersebut, (3) rencanakan dengan baik termasuk menuliskan kata kunci pembelajaran, (4) akui setiap usaha anak, (5) jika layak dipelajari layak pula dirayakan, (6) sabar dan hindari ceramah terlebih dahulu, dan (7) kenali karakter siswa dengan baik. Selamat mencoba.
Ingat, cobalah dahulu baru mengomentari artiekel ini. Jangan dibayangkan karena tidak akan mendapatkan fakta yang sesungguhnya.

Tidak ada komentar: