Senin, 30 November 2009

Guru Sejati, Guru Yang Saling Menghargai

Pada dasarnya, guru senang dihargai oleh guru lain di sekolah. Bagaimana sebenarnya melakukan perbuatan saling menghargai secara tepat di sekolah? Padahal, guru senior dan tua menganggap rendah guru baru dan muda. Guru yang sering mengikuti pelatihan menganggap rendah guru yang tidak pernah ke mana-mana. Guru yang disukai oleh kepala sekolah sering merendahkan guru yang tidak pernah disapa kepala sekolah.

Cobalah bertanya pada rekan guru, perlakukan seperti apa yang mereka inginkan saat berada di sekolah. Mayoritas dari mereka pasti dengan yakin menempatkan keinginan untuk dihargai sebagai bagian dari jawaban mereka.

Dihargai atau mendapatkan penghargaan dari guru lain memang menjadi kebutuhan dasar guru sebagai manusia. Karena itulah, setiap guru akan sadar penuh jika ia dihargai oleh guru lain, begitu pula sebaliknya.

Tapi apakah sebenarnya "dihargai" itu? Bagaimana pula bisa mempraktikkannya di sekolah? Tentu, cara menghargai guru lain bisa dilakukan dengan sederhana. Berikut hal-hal yang bisa dilakukan untuk menunjukkannya pada guru lain.

1. Perlakukan setiap guru dengan kesopanan, keramahan, dan kebaikan

2. Dorong rekan guru untuk mau mengemukakan pendapat dan ide-idenya.

3. Dengarkan apa yang diucapkan orang guru lain sebelum mengemukakan pendapat. Jangan pernah memotong perkataan guru dan jangan pernah mendominasi pembicaraan.

4. Gunakan ide guru lain untuk meningkatkan pekerjaan Anda. Tentu saja, biarkan ia mengetahui bahwa hal tersebut terjadi karena ide Anda. Selain itu, dorong ia untuk mewujudkan ide-idenya.

5. Jangan pernah meremehkan atau melecehkan guru lain dan ide-ide yang diungkapkannya.

6. Jangan bersikap sinis dan mengkritisi hal-hal kecil. Jangan pula senang menghakimi dan melakukan bullying (kekerasan) baik secara verbal maupun non-verbal.

7. Perlakukan setiap guru dengan cara yang sama tanpa memandang suku, agama, golongan, jenis kelamin, usia, ukuran, dan asal daerah. Praktikkan aturan ini secara konsisten. Memperlakukan guru dengan cara yang berbeda-beda bisa memicu pelecehan atau ketidaknyamanan dalam lingkungan pergaulan.

8. Ajak seluruh rekan guru dalam setiap rapat, diskusi, training, dan acara-acara yang dilakukan oleh rekan-rekan di sekolah. Jika tak semua guru bisa mengikutinya, jangan pilih kasih atau melakukan marginalisasi. Berikan kesempatan yang sama pada setiap guru untuk berpartisipasi dalam sebuah proyek atau kegiatan.

9. Memujilah lebih banyak dibanding Anda mengkritik. Biasakan saling memuji antar guru sebagai rekan kerja seperti layaknya supervisor memuji bawahannya.

10. Perlakukan setiap guru seperti mereka ingin diperlakukan.

Banyak cara lain yang bisa digunakan untuk meningkatkan penghargaan pada guru lain. Cara berikut, jika dilakukan secara konsisten akan menciptakan lingkungan kerja yang profesional.

1. Pujilah hasil kerja yang baik dari rekan guru. Cobalah untuk spesifik memuji bagian mana yang paling Anda kagumi dari hasil kerjanya.

2. Ucapkan terima kasih, sebagai tanda bahwa Anda menghargai keja keras dan kontribusi mereka dalam membantu Anda. Bersikap manis dan sopan sangat dibutuhkan dalam lingkungan kerja di sekolah. Itu artinya guru yang memiliki perilaku yang baik akan mendapat pujian dari rekan guru lain.

3. Bertanyalah tentang keluarga, hobi, atau kegiatan akhir pekan mereka. Perhatian Anda terhadap seseorang akan membuatnya merasa berharga dan dipedulikan. Tentu saja, pertanyaan Anda harus dalam batas-batas tertentu agar tidak dianggap ingin tahu atau mencampuri urusan guru lain.

4. Jika memungkinkan, tawarkan hari libur yang fleksibel. Anda bisa mencocokkan hari kerja Anda dan rekan lainnya agar bisa mengatur hari libur masing-masing.

5. Cari tahu apa kesenangan rekan guru Anda. Setelah itu beri dia kejutan dengan memberinya hadiah. Pasti, kejutan dari Anda akan menceriahkan harinya.

6. Berilah sebuah kartu ucapan terima kasih juga tetap akan berkesan manis bagi rekan guru.

7. Setiap orang pasti senang makan. Karena itu, ajaklah rekan guru untuk makan-makan saat ada acara khusus seperti ulang tahun, atau bahkan tanpa alasan apapun. Biarkan mereka yang memilih teman makannya.

8. Ciptakan permainan atau tradisi yang menarik. Misalnya acara tukar kado saat akhir tahun atau saling bertukar makanan tiap satu minggu sekali.

9. Bawa makanan ke sekolah dan tawarkan pada rekan guru. Lebih baik lagi jika Anda membuatnya sendiri. Atau Anda bisa membawa cokelat, karena cokelat selalu bisa mendatangkan suasana yang menyenangkan.(Sumber diolah dari Koran SI/tty)

Tidak ada komentar: