Jumat, 06 November 2009

Internet Membuat Siswa Berkembang Kecerdasan Sosialnya

Internet bukan benda yang membuat siswa individual dan tidak mempunyai jiwa sosial. Malah sebaliknya, justru internet akan menguatkan kecerdasan siswa. Sebuah survei mematahkan anggapan bahwa internet dan ponsel membuat orang terisollasi dari lingkungannya. Alih-alih membuat kuper alias kurang pergaulan, kedua teknologi ini malah dinilai mendorong orang terlibat dalam diskusi yang lebih luas dengan grup-grup yang lebih luas juga.

Survei ini diselenggarakan oleh Pew Internet & American Life Project. Mereka mengklaim bahwa dari hasil studi yang melibatkan 2.512 remaja di Amerika Serikat, peningkatan pemakaian teknologi tidak membuat orang mengalami isolasi sosial.

Beberapa poin yang menguatkan klaim ini adalah dikuaknya fakta bahwa orang-orang yang terikat dengan ponsel dan berbagai aktivitas internet memiliki jaringan diskusi berbobot yang lebih luas dan beraneka ragam, entah itu melalui blog ataupun situs seperti Facebook, daripada mereka yang tidak.

Selain lebih berpotensi untuk terlibat dalam diskusi lintas batas, pengguna ponsel, blogger, maupun mereka yang online dari tempat kerja diketahui lebih aktif dalam mengikuti kegiatan amal melalui keikutsertaan dalam yayasan ataupun organisasi-organisasi.

Dilansir detikINET dari USA Today, Jumat(6/11/2009), Lee Rine, yang memimpin project Pew Internet mengatakan bahwa menghabiskan waktu dengan situs jejaring sosial memberikan masyarakat kekuatan baru untuk mengembangkan diri mereka dan mengembangkan ketertarikannya. Begitu pula, jika siswa dibiasakan berkomunikasi dengan orang lain atau komunitas lain, kecerdasan sosialnya meningkat asalkan terbimbing oleh guru.(Sumber: detik.com/sha/ash)

Tidak ada komentar: