Senin, 13 Oktober 2008

Mengajar dengan Teka-Teki Silang (TTS)

Banyak orang yang sangat suka dengan TTS. Apalagi ketika berpergian, baik dengan pesawat, kereta, bus, maupun kapal laut, para penumpangnya sering mengisi waktu luang dengan menjawab pertanyaan dalam TTS. TTS menjadi kegemaran tersendiri. Siswa juga tentunya akan suka dengan TTS karena merasa bermain, santai, dan mengasah otak meskipun TTS itu berisi pelajaran di kelas.

Cobalah TTS digunakan untuk pembelajaran di kelas terutama untuk menguatkan pencantolan konsep ke dalam memori. Bebaskan siswa dalam suasana santai ketika mengisi TTS. Kemudian, guru dapat membahas bersama-sama dengan siswa yang lainnya. Buatlah aturan pengisian TTS yang memberikan kesan gembira.

Sebelum pembelajaran dimulai, guru perlu menyiapkan TTS yang sesuai dengan kata-kata konsep yang terdapat dalam topik pembelajaran. Untuk selingan, kata-kata yang akrab dengan siswa juga perlu dimasukkan. Kelas rendah hanya memerlukan beberapa kolom saja sedangkan kelas yang agak tinggi perlu kolom yang agak panjang, rumit, dan bermodel.

Lalu, bagaimana membuat TTS? Tentu, TTS sangat mudah dibuat. Pertama, buatlah kata-kata jawaban yang dipersilangkan untuk panduan membuat kolomnya. Kemudian, buatlah pertanyaan sesuai dengan kata-kata yang telah disilangkan. Pertanyaan yang dibuat jangan bertele-tele namun buatlah dengan cara sederhana. kalau masih bingung membuat pertanyaan, cobalah melihat TTS yang sudah jadi dan dikenal oleh umum, contoh TTS Kompas Minggu, Buku TTS, dan sebagainya.

Tidak ada komentar: