Sabtu, 23 Agustus 2008

Mengajar dengan Jubah Konsep

Oleh Suyatno

Betapa siswa sangat jenuh jika bertemu guru berkali-kali dengan gaya mengajar yang nyaris tetap. Biasanya, siswa sudah mengenali kebiasaan guru, dari cara berbicara, gaya berdiri, mimik, sikap, dan posisi di kelas. Tidak jarang, siswa menirukan gaya guru ketika jam istirahat untuk mendatangkan tawa sesama mereka. Anehnya, banyak guru yang tidak tahu kalau menjadi bahan tiruan siswa sebagai bahan gurauan.

Agar siswa tidak jenuh dan tidak menirukan gaya khas guru di saat istirahat, guru perlu sering mengubah gaya mengajar dengan aneka metode pembelajaran. Cobalah sekali-kali, guru menggunakan jubah seperti baju dokter atau petugas laboratorium yang telah ditulisi konsep mata pelajaran yang diasuhnya. Masuklah dengan jubah itu. Kemudian, dengan gaya peragawan, guru memamerkan tulisan yang ada di jubah untuk dibaca siswa. Setelah itu, siswa menyimpulkan isi tulisan yang ada di jubah itu.

Jubah konsep dapat digunakan untuk guru matematika dengan menulisi rumus yanghendak dikuasai siswa di jubah itu. Guru biologi juga dapat menggunakan jubah itu dengan menuliskan konsep yang akan diajarkan di jubah. Begitu pula, guru mata pelajaran lainnya, jubah dapat digunakan.

Tariklah simpati siswa dengan memainkan jubah konsep dengan tepat. Setelah pelajaran selesai, jubah dapat dilipat dan disimpan untuk minggu-minggu berikutnya atau untuk kelas lain. Yakinlah, siswa akan tertarik dengan cara mengajar dengan jubah konsep. Selamat mencoba.

Tidak ada komentar: