Jumat, 28 Maret 2008

Sertifikasi Guru Mendulang Kesadaran Baru

suyatno
Sertifikasi guru sebagai program lisensi guru membarikan dampak bagi kesadaran baru bagi guru di daerah masing-masing. Saat ini, tiap minggu atau tiap hari libur, banyak guru berbondong-bondong menuju tempat pelatihan karena ingin mendapatkan sertifikat diklat atau seminar. Hal itu sangat wajar karena mereka tersentak batinnya bahwa posisi diri untuk layak disertifikasi belum memenuhi angka yang ditargetkan. Angka demi angka dikumpulkan oleh guru. Sebuah kegiatan yang wajar.
Rasanya, kalau kita melihat langsung kegiatan tiap minggu mereka dalam diklat di mana pun tempatnya, terasa bahwa terjadi fenomena gunung es. Masih banyak guru yang selama mengajarnya tidak pernah mempunyai pengalaman yang dibuktikan oleh piagam keikutsertaan. Itulah sebuah tanda bahwa tealah muncul kesadaran baru dalam tubuh guru.
Hanya saja, kesadaran itu akan teracuni oleh jalan pintas, instan, dan seolah-olah jika pihak penyelenggara pelatihan melakukan kegiatan yang asal-asalan. Penyelenggaran pelatihan, lembaga apapun namanya, hendaknya juga serius menangani kegiatan pelatihan sehingga sekali dayung dua-tiga pulau terlampau. Guru dalam pelatihan mendapatkan sertifikat juga sekaligus mereka mendapatkan wawasan, pemahaman, dan cara mengaplikasikan pembelajaran. Pihak penyelenggara pelatihan haruslah konsisten akan pentingnya pembaharuan pendidikan, yang salah satunya melalui penguatan kinerja guru.
Untuk guru, sebaiknya, pilihlah pelatihan yang memang dilaksanakan dengan sebaik-baiknya dengan menu diklat yang bermanfaat bagi diri guru. Guru harus menjadi subjek yang mampu memberikan keputusan untuk ikut tidaknya dalam sebuah diklat. Masih banyak diklat yang bermutu dan tinggalkan yang hanya pura-pura bermutu. Ketegasan dalam memilih diklat bermutu merupakan langkah yang jitu dan bagus bagi seorang guru.
Pelatihan bermutu biasanya ditandai oleh penyaji yang bermutu, pelaksana berpengalaman, dan lembaga penyelenggara yang mapan. Bertanyalah kepada orang lain tentang siapa penyaji itu jika belum kenal sebelumnya.
Jangan terkecoh dengan judul diklat karena judul diklat kadang tidak sesuai dengan yang diharapkan. Bertanya secara detail ke panitia sangat baik. Jadi, lakukanlah. Semakin ikut banyak pelatihan akan semakin baik.

1 komentar:

titik_s mengatakan...

Assalammualaikum Wr.Wb
Menurut saya dalam menyikapi peraturan pemerintah guru meningkatkan kualitas dan kuantitas guru di Indonesia ini sangat bagus yaitu dengan membuka peluang bagi guru-guru yang memiliki potensi di dunia pendidikan yaitu dengan memberikan gelar bagi guru yang bersertifikat. Dengan adannya guru yang berpredikat sertifikat ini mengundang banyak minat guru -guru yang ada di Indonesia untuk mengikutinya. Semua guru memburu predikat guru bersertifikat ini dengan menghalalkan berbagai cara, misalnya saja banyak guru yang ikut penataran atau pelatian demi mendapatkan sertifikat,atau bisa juga ada guru yang tidak mengikuti pelatian dapat sertifikat dan masih banyak lagi cara-cara yang dilakukan guru demi mendapatkan gelar sertifikat. Cara-cara instan yang dilakukan guru untuk mendapatkan sertifikat ini dengan mudah ini karena mereka tidak ada kesadaran diri bahwa tujuan yang diadakan pelatian atau penataran demi mencapai gelar guru berpredikat sertifikat ini sangatlah penting untuk menambah ilmu pengetahuan,wawasan dan merubah paradigma lama yang digunakan guru menjadi paradigma baru dalam teknik atau metode yang akan diterapkan dalam kegiatan belajar mengajar.Paradigma baru yang harus dijadikan motivasi atau dorongan bagi guru adalah menjadi guru yang inovatif, kreatif dan variatif dalam kegiatan belajar mengajar dalam setiap perkembangan zaman.
Saran bagi para guru yang ada di Indonesia yang pertama tolong lakukan yang terbaik untuk mutu kualitas dan kuantitas pendidikan yang ada di Indonesia ini lakukanlah dengan penuh percaya diri dan kejujuran, yang kedua tolong guru memperhatikan dan lebih selektif lagi mengikuti pelatian yang ujung-ujungnya dapat sertifikat dan yang ketiga guru-guru harus mempergunakan kesempatan ini sebaik mungkin untuk mendapatkan ilmu atau pengeetahuan yang baru.
Terimah Kasih pak Suyatno sudah menyempatkan membaca komentar saya
NAMA : TITIK SUBANDIYA
NIM : 042074245 / PNB