Rabu, 17 Desember 2008

Anggaplah Semua Siswa Calon Presiden

Oleh Suyatno

Andai saja, semua siswa di kelas Anda calon presiden lalu apa yang harus dilakukan guru? Pastilah, guru akan sangat hati-hati dalam mengajar. Gaya mengajarnya harus lebih mengesankan dengan skenario pembelajaran yang terhebat. Jangan sampai, siswa sekelas yang calon presiden itu terluka, teraniaya, dan tertutup pintu kecerdasannya. Tiap guru mengajar selalu diawasi oleh tim penjaga calon prsiden. Guru yang dipilih pasti yang pandai dari segala sisi. Siapkah Anda mengajar di kelas itu?

Tentunya, calon presiden yang diajar itu kelak ketika menjadi presiden harus pandai berbicara, ahli strategi, manusiawi, cerdas, lincah, tidak cacat, tegar, wibawa, dan visioner. Untuk itu, menu sajian guru, apapun pelajarannya, haruslah menyentuh wilayah itu. Semua materi dikemas dengan baik sehingga di samping memberikan makna keilmuan juga memberikan sekaligus makna kepresidenan.

Guru yang disiapkan tentu juga penuh disiplin, tanggung jawab, profesional, dan memahami sosok presiden yang teramat bagus. Tentunya, guru yang asal-asalan, tidak punya roh, dan hidup enggan mati tak mau, tidak diperlukan.

Andai semua sekolah menganggap tiap kelasnya adalah siswa yang calon presiden, tentu, sekolah itu juga dikelola dengan mantap. Bisakah?

Tidak ada komentar: