Selasa, 29 Oktober 2013

Guru Kreatif Bentuk Pribadi Siswa Unggul

Cobalah bertanya kepada salah satu orang di sekitarmu tentang pengalaman yang paling berkesan saat sekolah dahulu. Mereka rata-rata akan menjawab kesan saat bersama guru. Namun, tidak semua guru yang disimpan dalam otak mereka. Yang disimpan hanyalah guru kreatif sehingga mampu melejitkan pribadi siswa menjadi unggul. Guru jahat memang diingat sampai mati tetapi ingatatn itu hanya bersifat negasi. Kalau guru kreatif, dia selalu diingat karena memberikan inspirasi dalam hidup.
Guru kreatif senantiasa menyadari bahwa siswa sangat jenuh berada di kelas. Menurut guru kreatif, siswa memerlukan variasi belajar, keteladanan yang menarik, dan gaya layanan guru yang pas bagi siswa. Guru kreatif selalu berubah gaya saat berada di dalam kelas. Perubahan itu disesuaikan dengan suasana yang melingkupi siswa.
Bagamiana untuk menjadi kreatif? Inilah resepnya. (1) menjadi komunikator yang baik; (2) menganggap siswa senantiasa berubah; (3) mencari bahan untuk bumbu kreatif; (4) menganggap siswa sebagai generasi ke depan; (5) mengubah gaya mengajar setiap masuk; (6) jangan takut untuk berkreasi; (7) laksanakan kreativitas bukan hanya mengangan-angankannya; (8) menganggap siswa sebagai kawan.

Tidak ada komentar: