Minggu, 14 Agustus 2011

Peringatan 50 Tahun Gerakan Pramuka: UU Gerakan Pramuka hasil Revitalisasi Gerakan Pramuka

Setelah dicanangkan Revitalisasi Gerakan Pramuka pada 14 Agustus 2006, selang 5 tahun terumuskan UU Gerakan Pramuka. "Berbagai dukungan dan fasilitas telah pemerintah berikan untuk revitalisasi Gerakan Pramuka. Upaya revitalisasi yang dilakukan bertahap telah menunjukkan hasil yang menggembirakan", tegas Presiden SBY selaku Ketua Majelis Pembimbing Nasional Gerakan Pramuka. Hal ini disampaikannya dalam upacara puncak peringatan Tahun Emas Gerakan Pramuka, di Cibubur, Jakarta Timur, Minggu (14/8/2011).

"Revitalisasi secara bertahap Pramuka telah memperbaiki citra dan kinerja Gerakan Pramuka. Minat terhadap Pramuka terus meningkat sebagai sarana cetak calon pemimpin bangsa," kata SBY.

Salah satu hasil upaya revitalisasi Gerakan Pramuka adalah terbitnya UU Pramuka. Produk hukum itu merupakan bentuk dukungan dan fasilitas pengembangan berbagai aktivitas positif dalam Gerakan Pramuka.

"Telah banyak dukungan dan fasilitas pemerintah untuk terus tumbuh kembangkan Pramuka. Kini saatnya memafaatkan fasilitas dan dukungan itu. Mantapkan peran gugus depan sebagai pusat pendidikan dan pelatihan, terus ciptakan inovasi pendidikan yang lebih berkualitas," sambung SBY.

Upacara puncak peringatan Tahun Emas Gerakan Pramuka ditutup dengan pembacaan doa oleh seorang anggota Pramuka Siaga. Sebelumnya Presiden SBY ikut menyanyilan hymne Pramuka bersama ribuan anggota Pramuka berbagai tingkatan se-Jabodetabek.

1 komentar:

ZAINUL ABIDIN mengatakan...

Saya pernah bertanya pada anak yg kemah pramuka.
"bagaimana.... kelihatannya lelah???"
murid menjawab "iya pak"
lalu sy bertanya lagi "tapi kalau diajak kemah lagi mau kan?"
Murid menjawab "Nggak pak!!"
Lalu saya berfikir bahwa senior2 di sekolah tingkat SMP masih belum bisa membuat perserta ketagian untuk berkegiatan Pramuka (kemah) karena terlihat sebagian besar peserta merasa "kapok".
Ini merupakan sebuah PR untuk Pembina (guru) agar siswa senior membuat kegiatan yang menyenangkan shgg peserta merasa ketagian bukan merasa kapok.

http://mtsn1bojonegoro.sch.id/index.php/kesiswaan/59-pengukuhan-anggota-baru-pramuka-gudep-015-016-mts-negeri-1-bojonegoro