Senin, 13 Juni 2011

Kejutan: Politeknik Negeri Batam Juara Kontes Robot

Walaupun perguruan tinggi negeri ini terbilang baru, Politeknik Negeri Batam mampu menampakkan prestasi di atas perguruan tinggi negeri lainnya di Indonesia. Poltekneg Batam merupakan perguruan tinggi yang baru-baru ini diresmikan bersama dengan 3 perti baru lainnya memberikan pelajaran kepada perti lain untuk konsisten dalam membina mahasiswanya sehingga layak juara.
Tim robot Barelang 5.1 dari Politeknik Negeri Batam berhasil lolos sebagai juara pertama kategori Kontes Robot Indonesia dalam Kontes Robot Nasional 2011 di Grha Sabha Pramana, Universitas Gadjah Mada Yogyakarta. Sebagai juara pertama di kelas paling bergengsi, tim ini berhak mewakili Indonesia dalam Kontes Robot tingkat internasional Asia-Pasific Broadcasting Union Robocon 2011 di Bangkok, Thailand tanggal 9 September 2011 mendatang.
Dalam final kategori Kontes Robot Indonesia (KRI), tim robot Barelang 5.1 berhadapan dengan juara bertahan tim robot P-Next dari Politeknik Elektronika Negeri Surabaya. Kedua tim bertarung sengit dalam merangkai karangan bunga (krathong) pada candle base dan meletakkannya pada river surfaceHingga detik akhir pertandingan, kedua tim berhasil mengumpulkan poin sama yaitu 242 poin. Namun, tim juri yang diketuai Wahidin Wahab memberikan penalti kepada kedua tim sehingga nilai masing-masing tim dikurangi 20 poin menjadi total 222 poin. Kedua tim terkena penalti karena robot sempat mengenai river surface saat menyusung krathong.
"Karena poin keduanya sama, yaitu 222 poin, maka kami menentukan pemenang berdasarkan cacatan waktu di mana tim Barelang 5.1 membutuhkan waktu 2 menit 55 detik dan tim P-Next membutuhkan waktu 2 menit 59 detik sehingga tim Barelang 5.1 kami putuskan menang," ucap Wahidin, Minggu (12/6/2011) saat final Kontes Robot Nasional 2011 di Grha Sabha Pramana, Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta.

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Keberhasilan Politeknik Negeri Batam ini hendaknya menjadi contoh bagi PTN/PTS lain untuk tidak takut berkompetisi dengan PT yang telah mapan. Proficiat