Selasa, 15 Maret 2011

Keterampilan Berbicara di Zaman ini

Sebagai sebuah keterampilan, berbicara yang baik memerlukan syarat yang harus dipenuhi oleh pembicara agar maksud dan tujuan berbicara dapat diterima oleh pendengar secara tepat tanpa ada persepsi yang menyimpang sedikit pun. Syarat itu terdiri atas (1) syarat isi pembicaraan, (2) syarat bahasa yang digunakan (saluran pesan), (3) syarat artikulasi dan kinestetik (mimik, bahasa tubuh, kode budaya), (4) syarat konteks, dan (5) syarat penggayaan pembicaraan. Syarat tersebut haruslah terintegrasi secara simultan sehingga didapatkan keterampilan bicara yang padu, apik, dan bermutu.

Lalu, secara rinci, bagaimanakah uraian syarat-syarat tersebut? Mengapa banyak orang merasa gagal dalam berbicara? Kemudian, apakah kekuatan bicara seseorang mencerminkan kecerdasan orang tersebut? Jawaban semua itu akan memperkuat seseorang dalam berbicara.

Ketika seseorang mencoba berkali-kali untuk berbicara di depan umum, komentar mereka rata-rata menyebutkan bahwa berbicara yang baik ternyata memerlukan perjuangan, sekali mencoba belum dapat dirasakan perubahannya, dan musuh utama adalah rasa kurang percaya diri yang berdampak pada tubuh yang gemetar. Kalau Anda sendiri yang melakukan kegiatan berbicara di depan umum, apa komentar Anda? Alangkah baiknya komentar itu dijabarkan agar dapat menjadi bahan pelajaran bagi orang lain.

Tidak ada komentar: