Rabu, 25 Maret 2009

Guru SD di Gresik Belajar Berbahasa Indonesia

Oleh Suyatno

Sungguh di luar dugaan, guru SD mempunyai kualitas penggunaan bahasa Indonesia dengan baik. Hal itu terlihat saat guru SD, sejumlah 50 orang, berlatih bersama di SDN Sidokumpul 2 Gresik, Selasa--Rabu, 24--25 Maret 2009. Pelatihan diadakan oleh Balai Bahasa Surabaya bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Gresik. Saat dites awal, skor mereka rata-rata 54 namun ketika dilatih tentang penggunaan ejaan, pilihan kata, kalimat, paragraf, dan karya tulis, skor akhir mereka meningkat menjadi rata-rata 85. Peningkatan itu sangat mencengangkan.

Mereka asyik berlatih karena menyadari bahwa bahasa mereka penuh dengan kesalahan. Menurutnya, ternyata berbahasa Indonesia itu sangat mudah asalkan kita mengetahui ciri-ciri dan penandanya. "baru kali ini, saya mengerti bahwa di sebagai kata depan berbeda dengan di sebagai imbuhan", kata Eny, peserta pelatihan itu.

Guru memang sudah seharusnya dapat berbahasa Indonesia dengan baik dan benar agar dapat menyampaikan gagasan secara logis ke siswa. gagasan yang logis, lugas, runtut, dan efektif akan mudah dipahami siswa dibandingkan dengan gagasan yang disampaikan secara melompat-lompat. Untuk itu, mengajar sebaiknya juga didukung oleh penggunaan bahasa dengan baik dan benar.

Tidak ada komentar: