Jumat, 20 Juni 2008

Guru SMA Wachid Hasyim 2 Sepanjang Sidoarjo: Ternyata Membuat Modul itu Sangat Mudah


Oleh Suyatno

Ternyata, membuat modul itu sangat mudah. Itulah refleksi para guru SMA Wachid Hasyim 2 YPM Sepanjang Sidoarjo secara serentak saat mengikuti pelatihan pembuatan bahan ajar, Kamis s.d. Sabtu, 19--21 Juni 2008 di ruang multimedia sekolah itu. Mereka sebelumnya mempunyai anggapan bahwa membuat modul itu sangat sulit dan susah. Namun, setelah dibimbing dan difasilitasi garduguru, mereka membalikkan anggapan sulit itu. Pelatihan berlangsung dengan lancar, cair, dan bersahabat.

"Cara memfasilitasi sangat dekat dengan peserta dan model andragogi digunakan dengan baik", ujar Bu Kusumah, guru kimia. Garduguru menggunakan modul praktis untuk melatihkan sebuah modul dengan pendekatan praktik dan sugestif. Tiap peserta tidak terasa diajak ke alam pembuatan modul dengan cara sederana dan sangat mudah. Resepnya, pelatihan dirancang dengan cara induktif dan praktik nyata.

Hasilnya, selama dua hari, dihasilkan 43 modul dengan judul yang berbeda. Tiap guru membuat satru modul. Mereka asyik menggoreskan pena di kertas kosong dari pagi sampai pukul 16 sore. Ada juga yang langsung menuliskan modul ke dalam komputer atau laptop. Riang gembira tergambar dari kelas pelatihan modul.

"Saya orang yang tidak mampu menulis, namun setelah dibimbing dengan model khusus, saya sangat bisa membuat modul", ujar Aprilin Asiyanto di sela-sela pelatihan. Bahkan, banyak guru enggan pulang meskipun waktu habis karena modul yang ditulisnya belums elesai. Salutnya, peserta yang selesai juga tidak mau pulang sebelum kawannya menyerahkan modul itu.

Kepala sekolah SMA Wachid Hasyim 2 Sepanjang, Bu Nur, juga setia menunggui peserta. Kehadiran itu membuat peserta termotivasi penuh. "Modul ini akan ditindaklanjuti dengan validasi dan dicetak. Jadi, nanti banyak siswa yang belajar melalui modul", ujar Bu Nur sambil menunjuk modul yang telah selesai.

Pembaharuan pembelajaran telah dimulai di SMA ini. Mudah-mudahan dapat merembet ke sekolah lain. Bahan ajar yang baik adalah bahan ajar buatan guru di sekolah sendiri karena pasti sesuai dengan konteks siswanya. Modul itu harus dalam dan luas, disajikan dengan bahasa menarik, dan dikemas dengan baik.

1 komentar:

Tri mengatakan...

aku almuni SMA Wachid Hasjim -1 Surabaya... titip blog-ku bisa di pakai Reunian... tolong di Link-kan ... thank's

ini myblog http://reunismawaha1sby.blogspot.com