Senin, 11 Mei 2009

Cara Jitu Berbicara di Depan Kelas

Oleh Suyatno

Bisa jadi, hanya gara-gara gaya berbicara guru yang tidak mengesankan siswa, prestasi siswa tidak terangkat. Bahakan, siswa tersebut tidak ada kemajuan dan tidak mengerti apa-apa meskipun berkali-kali sebuah materi sudah diterangkan guru. Menurut guru, materi sudah diberikan bahkan dijelaskan dengan rinci. Menurut siswa, materi susah dipahami.

Hal itu terjadi karena ucapan guru tidak runtut, tidak masuk akal, tidak sesuai dengan perkembangan siswa, tidak bergaya, dan tidak sistematis. Ujung-ujungnya, siswa menjadi jenuh, bosan, bermain sendiri, berbicara sendiri, dan tidak mendapatkan info apa-apa dari guru.

Cara jitu berbicara di depan kelas agar siswa cepat paham, berkesan, dan membekas di memori siswa dalam jangka panjang adalah (1) tentukan tujuan berbicara, (2) lihatlah siapa yang akan mendengarkan atau siapa siswanya, (3) perhatikan waktu yang tersedia, (4) pahami tempat dan waktunya, (5) kemaslah materi yang akan disampaikan dari yang mudah ke yang sulit, dari yang konkret ke abstrak, dari umum ke khusus, dan dari yang menarik ke yang tidak menarik, 6) aturlah intonasi suara sesuai dengan tekanan materi pembicaraan, dan (7) tambahkan bumbu humor atau permainan kecil sebagai penumbuh semangat. Untuk pemula, cara di atas perlu dicatat dengan perencanaan matang kemudian berlatih di depan kaca. Saat berkaca, ukurlah mimik dan gerakan tubuh dengan pas untuk kepentingan mengiyakan, menolak, gembira, meyakinkan, mengharap, memberi kode mata, dan seterusnya.

Langkah selanjutnya, guru perlu menerapkan di kelas dengan penuh perhatian. Identifikasi reaksi siswa saat anda berbicara. Cobalah bersuara lantang lalu lihat reaksi siswa. Cobalah bersuara datar dan lihat juga reaksi siswa. Teruslah mengulang-ulang dengan cara-cara yang berbeda-beda sampai mendapatkan ukuran yang pas untuk berbicara mnenurut diri sendiri.

Jangan lupa, mintalah refleksi dari siswa tentang kualitas bicara guru untuk keperluan perbaikan dalam pembelajaran berikutnya. Bicara guru merupakan kunci keberhasilan pembelajaran. Ingatlah bahwa berbicara merupakan keterampilan berbahasa. Karena sebuah keterampilan, berbicara efektif perlu pelatihan terus-menerus. Cobalah.

Tidak ada komentar: