Kamis, 06 Agustus 2009

Perguruan Tinggi pun Berprestasi, Inilah Buktinya

“Tidak cukup lebar tangan kita untuk mengapresiasi segala ketekunan dan prestasi yang telah diukir oleh para akademisi kampus kita” kata Dirjen Dikti, Prof. dr. Fasli Jalal, Ph.D pada malam anugrah akademisi berprestasi tingkat nasional di Jakarta (29/07).

Ajang pemilihan akademisi beprestasi yang terdiri dari dosen, mahasiswa, kaprodi, pustakawan, laboran, tenaga administrasi akademik merupakan salah satu cara Dikti mengapresiasi dan memperkenalkan sebuah nilai ketekunan dan prestasi kerja ilmiah kepada masyarakat.

Setelah melewati rangkaian seleksi yang panjang dimulai dari tingkat jurusan, fakultas, universitas, untuk swasta tambah kopertis, sampai ke nasional, akhirnya terpilihlah akademisi berprestasi tingkat nasional tahun 2009 peringkat 1, II dan III.

Dosen berprestasi peringkat pertama adalah Dr. Ir. Suwarno, MT dari Institut Teknologi Bandung. Peringkat kedua, Prof. Ir. Nyoman Pujawan, M.Eng, Ph.D dari Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya. Dr. Ir. Riri Fitri Sari, M.Sc., Ph.D dari Universitas Indonesia berada pada peringkat ketiga.

Mahasiswa berprestasi peringkat pertama diraih oleh Muchdlir Zauhari dari Universitas Indonesia. Eko Heriyanto dari Univerisitas Negeri Semarang berhasil menggondol peringkat kedua. Peringkat ketiga didapatkan oleh Ekachaeryanti Zain dari Universitas Hasanuddin.

Kaprodi berprestasi peringkat pertama adalah Dr.Ir. Dahrul Syah dari Institut Pertanian Bogor. Prof.Ir. Suryo Purwono, MASc.Ph.D dari Universitas Gadjah Mada meraih peringkat kedua. Sementara itu peringkat ketiga didapat oleh Ir. Mochammad Ashari, MEng.Ph.D dari Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya.

Laboran berprestasi pertama adalah Ahmad Ashari dari Universitas Indonesia. Sri Mulyasih, A.Md dari Institut Pertanian Bogor berada pada urutan kedua. Pada peringkat ketiga didapat oleh Asep Supriyadi, A.Md dari Universitas Jember.

Pustakawan berprestasi pertama berhasil didapatkan oleh Drs. Achmad, MA dari Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya. Berada pada peringkat kedua adalah Endang Fatmawati, SS, S.Sos, M.Si dari Universitas Diponegoro. Sri Rumani, SH,, SIP., MSi dari Universitas Gadjah Mada menjadi pemenang peringkat ketiga.

Tenaga administrasi berprestasi peringkat pertama akhirnya berhasil dicapai oleh Samsuri, S.IP., M.Si dari Universitas Sebelas Maret. Berada di peringkat kedua yaitu Nor Sukohadi, S.Sos dari Institut Teknologi Sepuuh November. Terakhir Dede Koswara dari Institut Teknologi Bandung berada pada peringkat ketiga.

Semoga bisa menjadi role model bagi akademisi yang lain terutama kolega di lingkungan kampus sendiri. Masih banyak potensi dan tantangan bangsa ke depan yang memerlukan sentuhan kreativitas para akademisi, terutama digerakkan oleh mereka yang berprestasi ini. (Sumber:dikti.go.id)

Tidak ada komentar: