Selasa, 18 Agustus 2009

Indonesia Raih Tiga Medali Olimpiade Informatika

Di tengah suasana peringatan HUT Ke-64 Republik Indonesia, putra-putri Indonesia menyumbangkan tiga medali dalam Olimpiade informatika internasional. Dalam "21st International Olympic in Informatics (IOI)" yang diadakan di kota Plovdiv, Bulgaria, 8-14 Agustus 2009, itu Indonesia merebut dua perak dan satu perunggu.

Kedua medali perak diraih Angelina Venni Johanna, siswi SMAK 1 BPK Penabur, Jakarta, dan Reinardus Surya Pradhitya dari SMA Kolese Kanisius, Jakarta. Adapun medali perunggu diraih Risan, siswa SMAN 1 Tangerang.

Olimpiade informatika internasional untuk tingkat SMA itu diikuti 315 siswa dari 83 negara. Tim Indonesia didampingi Ir Suryana Setiawan, dua staf pengajar Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, dan Ir Nur Rokhman dari Fakultas MIPA Universitas Gadjah Mada.

Menurut Ir Nur Rokhman, perolehan medali kali ini setidaknya melebihi perkiraan sebelumnya karena diperkirakan hanya satu medali perak yang dapat diraih. Tim IOI Indonesia sebelumnya berjuang setelah melalui dua ujian pada 10 dan 12 Agustus.

Namun, tim IOI Indonesia kali ini belum berhasil meraih medali emas sebagaimana pada IOI Ke-20 di Mubarok City, dekat Kairo, Mesir, Agustus tahun lalu. Saat itu, tim IOI Indonesia memperoleh satu medali emas dan tiga perunggu.

Kemenangan tersebut disambut Dubes RI untuk Sopia, Immanuel Robert Inkiriwang, dengan menyelenggarakan jamuan makan malam dan ramah tamah bagi Tim IOI Indonesia di Wisma Duta bersama home staff KBRI. Pada kesempatan tersebut, Dubes RI menyampaikan partisipasi Tim IOI Indonesia merupakan kebanggaan bagi Indonesia karena mereka turut membantu upaya pemerintah meningkatkan citra Indonesia sebagai duta bangsa dalam kompetisi tersebut.

Menurut Dubes, medali yang diperoleh para pelajar merupakan hadiah ulang tahun bagi Indonesia menjelang Proklamasi Kemerdekaan RI pada 17 Agustus tahun ini. (sumber: Antara; Kompas.com)

Tidak ada komentar: