Jumat, 30 Desember 2011

Tahun 2012, Guru Perlu Resolusi Diri

Pada saat artikel ini ditulis, tahun baru 2012 kurang sehari tetapi rasanya segera tiba warna baru di hari dengan tahun yang baru. Ada apa sebenarnya? Tidak ada apa-apa karena ayam jago akan tetap berkokok seperti hari-hari kemarin, hujan akan tetap menyirami bumi, dan gerakan serta mata penglihatan kita akan tetap sama seperti hari-hari lainnya.

Namun, jika dirasakan dengan mendalam, tahun baru akan membawa sesuatu yang baru khususnya bagi guru yang mampu melihat dengan hati yang paling tajam. Tahun 2012 merupakan kesempatan bagi guru untuk melakukan resolusi diri sehingga suatu saat ditemukan kualitas guru yang diacungi jempol masyarakat karena membawa perubahan bagi siswanya.

Resolusi diri bagi guru jangan terlalu rumit. Buatlah secara sederhana saja. Tuliskan niat baru yang berbeda dengan niat tahun sebelumnya. Tulislah ke dalam buku harian, kertas putih, atau di piagam kosong tekad Anda di tahun 2012. Buatlah resolusi yang konkret, dapat dijangkau, dan berbeda dengan tahun sebelumnya.




Tidak ada komentar: