Kamis, 03 Maret 2016

Guru Kabupaten Alor: Semangat Dongkrak Hasil UN Siswa

Alor, kabupaten di Kepulauan Timur Laut dari Kota Kupang, yang berbatasan laut dengan Timor Timur tidak mau tertinggal dari kabupaten soal UN bagi siswanya. Meskipun, tahun 2015, Kabupaten Alor ranking kelima se-NTT. Mereka ingin, UN siswa di Alor menunjukkan prestasi tinggi dengan cara bersih dan halal. Kata kuncinya adalah menguatkan kompetensi guru di bidang mata pelajaran masing-masing.

Untuk itu, bekerja sama dengan Universitas Negeri Surabaya, Dinas Pendidikan Kabupaten Alor melaksanakan pelatihan penjabaran SKL UN bagi siswa SMP dan SMA. Sekitar 400 guru bidang studi yang di-UN-kan diundang untuk mengikuti pelatihan selama 4 hari, yakni 9--13 Februari 2016 di Aula Dinas dan di ruang kelas SMP/SMA Santo Josef Kalabahi Alor.

Unesa menurunkan 12 dosen pilihan untuk mendampingi guru-guru dari membedah SKL sampai membuat soal untuk pelatihan bagi siswa masing-masing menjelang UN. Guru-guru terlihat senang dan merasakan hasilnya. mereka mempunyai tambahan ilmu dalam mengemas dan mengelola soal dalam rangka UN. Cara praktis mendampingi siswa juga dibimbingkan agar kelak mereka dapat dengan mudah memfasilitasi siswanya.


Tidak ada komentar: