Sabtu, 05 November 2011

Guru SMAN 8 Surabaya Perbarui Perencanaan Pembelajaran

Semua guru SMAN 8 Surabaya bertekad untuk memperbarui perencanaan pembelajaran (RPP) sejalan dengan kemasan pendidikan karakter dalam pembelajaran. RPP tersebut diperbaiki secara serentak untuk semua mata pelajaran pada Sabtu, 5 November 2011 di ruang guru dan dibuka oleh Pak Sadhali, selaku kepala sekolah. Sebanyak 70 guru terlihat serius dan bergembira saat mencermati model pembaharuan yang difasilitasi oleh Garduguru.

Kekuatan pembelajaran salah satunya terletak pada perencanaan yang dibuat oleh guru. "Mutu pembelajaran harus menjadi titik tolak perubahan sekolah menuju sekolah unggul. Salah satunya, tentu perencanaan pembelajaran yang benar-benar dibuat oleh guru", kata Pak Shadali, yang juga pelatih gulat nasional itu. Banyak RPP yang dikatakan dibuat guru tetapi nyatanya hanya salinan dari RPP buatan guru l;ain, dari sekolah lain. "RPP asli, buatan guru, dan berdasarkan konteks SMAN 8  harus menjadi keunggulan sekolah ini", tambah kepala sekolah.

Betapa niat dan kreasi guru SMAN 8 Surabaya harus diapresiasi dengan jempol dua tangan. Betapa tidak. Mereka berjanji akan membuat RPP lengkap sebanyak dua semester sekaligus dalam waktu lima hari. RPP tersebut selanjutnya menjadi dokumen II KTSP. Dengan begitu, akan terlihat kekuatan guru dalam membangun diri melalui penyiapan RPP yang lengkap. "Kami sepakat untuk membuat RPP selama dua semester", kata Pak Adriono selaku panitia workshop Dokumen II. "Kalau tidak sekarang, kapan lagi kami dapat menunjukkan kemampuan yang sesungguhnay", tambah Bu Tri selaku ketua panitia.

Acara yang dikemas dalam workshop Dokumen II itu berjalan dengan lancar. Pemandu tampak mampu memberikan inspirasi bagi peserta. Waktu pencerahan yang berjalan dua jam tidak terasa. Peserta merasakan bahwa RPP Karakter ternyata mudah dibuat. "Ternyata, RPP berkarakter sungguh mudah untuk dibuat tanpa harus merombak total RPP yang saya buat", kata Bu Wiwik.

Tidak ada komentar: