Selasa, 26 Juli 2011

Mengajarlah dengan Gembira dan Seirama

Minggu-minggu ini merupakan saat yang berbahagia bagi guru karena bertemu dengan murid baru. Murid kelas sebelumnya ke kelas baru. Murid dari sekolah sebelumnya ke sekolah yang diasuh guru saat ini. Pokoknya, murid baru tentu sangat mengasyikkan bagi guru yang juga mempunyai pribadi mengasyikkan.

Kesempatan pertama di kelas itu tentunya akan lebih mengasyikkan jika guru mengajar dengan gembira dan seirama. Jika guru dengan gembira saat mengajar di kelas, tentu, murid akan lebih bergembira. Bahkan, kegembiraan itu akan mempermudah murid memasuki pelajaran yang akan dilahapnya selama satu tahun ke depan.

Selain gembira, guru perlu juga seirama dengan kondisi murid saat ini. Gagasan guru disederhanakan dan disesuaikan dengan karakteristik murid yang ada. Guru harus senantiasa berpikir bahwa murid dahulu dengan yang akan diasuhnya saat ini mempunyai perbedaan karakter. Perbedaan itu tentu akan memberikan dampak bagi gaya mengajar guru. Itulah yang dimaksud dengan mengajar seirama.

1 komentar:

budishelo mengatakan...

Baik, Pak Yatno. Ide bapak akan saya coba dalam pembelajaran di kelas saya. Semoga saja diri ini juga dalam perasaan gembira terus sehingga bisa terbawa di kelas. Tentu dengan berbagai permainan itu kan Pak? Seperti yang Bapak bawakan di Badiklat akhir Juli kemarin? Terima kasih, semoga kita termasuk orang yang selalu berhasil.