Jumat, 03 Juli 2009

Tips untuk Guru: Cara Dampingi Siswa Berwisata

Musim liburan ini, banyak guru yang ditugasi untuk dampingi siswa berwisata, studi banding, perpisahan di luar kota, dan acara lainnya. Kalau memang sudah tugas, guru tidak boleh menolaknya. Meskipun, berwisata bersama siswa seringkali bikin pusing. Guru harus mendampingi dengan ceriah dan ikhlas. Sepanjang perjalanan, guru dituntut selalu siaga dan sabar. Asal guru tahu tips mendampingi siswa dapat tercipta kenangan dan pengalaman menyenangkan yang tidak terlupakan. Berikut tips guru dalam mendampingi siswa-siswanya.

Sebelum Berangkat
Biarkan siswa mengepak sendiri barang bawaan mereka. Putuskan pakaian seperti apa yang akan dibawa (terutama yang longgar dan nyaman), tetapi biarkan mereka memilih pakaian favorit mereka sendiri. Dalam tas jinjing, sarankan siswa agar memasukan juga beberapa manisan dan permen karet, handuk kecil, tisu, buku-buku, kertas, tas plastik bersegel. Bnetuklah kelompok kecil. Hafalkan ketua kelompok tersebut untuk memudahkan kontrol. sarankan agar siswa selalu berkelompok dalam berjalan-jalan meskipun ke toilet sekalipun. Ajari siswa mengenali dengan cepat tanda-tanda yang bermanfaat untuk pedoman berkumpul.

Buatlah perjalanan dengan bus jadi momen yang menyenangkan. Berhentilah secara rutin di tempat peristirahatan. Libatkan siswa dalam proses liburan tersebut. Simpanlah segala sesuatu yang berkaitan dengan liburan seperti brosur dan potongan tiket dalam sebuah tempat khusus seperti dalam sebuah buku tebal. Buatlah rencana terlebih dahulu dengan perusahaan bus agar yakin mereka menyiapkan kendaraan yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Di Lokasi Liburan
Miliki jadwal harian dengan sejumlah kelonggaran atau waktu bebas untuk setiap siswa. Berilah teman atau kerabat nomor telepon dan alamat hotel tempat rombongan menginap, informasi tentang transportasi, dan nomor kontak untuk kondisi darurat. Jika mungkin, setiap kelompok siswa dilengkapi telepon seluler atau walkie-talkie agar bisa tetap berkomunikasi setiap waktu. Punya rencana darurat atau tempat pertemuan jika ada siswa yang tiba-tiba terpisah juga merupakan ide yang baik.

Masalah dapat muncul dan kecelakanan bisa saja terjadi tetapi tidak ada salahnya mengetahui berbagai tips demi kelancaran liburan. Hal yang tak kalah penting adalah ciptakan suasana humor yang menyenangkan selama perjalanan demi memberi siswa liburan yang mengesankan dan tidak terlupakan. Jangan sampai Anda larut dalam kekuatiran tentang aneka hal tak terduga yang mungkin muncul, lalu tidak sempat menikmati liburan itu sendiri. (Sumber: Kompas.com)



77

Tidak ada komentar: